7 Pedoman Penulisan Kabar Berita Harian Bagi Para Pemula

7 Pedoman Penulisan Kabar Berita Harian Bagi Para Pemula

7 Pedoman Penulisan Kabar Berita Harian Bagi Para PemulaSemakin berkembangnya jaman dan dunia teknologi telah membuat semua lapisan masyarakat di seluruh dunia mengetahui informasi terbaru. Terlebih para jurnalis pemula yang ingin menyampaikan kabar berita harian yang nantinya bisa memberikan manfaat terbesar bagi para pembaca melalui internet.

Pastinya kajian tentang penulisan kabar berita harian wajib ditulis dengan baik dan rinci dengan dukungan kalimat yang beragam dan mudah dipahami. Sehingga informasi tersebut dapat dicerna dan bahkan menjadi langganan setia bagi para penggemar. Hal yang paling dominan dalam setiap penyajian berita yaitu memperhatikan unsur 5W+1H serta tata bahasa yang benar. Dari situ di bawah ini merupakan beberapa pedoman penting yang layak diperhatikan untuk menyalurkan berita berdasarkan ketentuan yang berlaku saat ini, antara lain;

1. Pemilihan Topik dan Tema Terbaru
Pedoman yang paling awal tak lain adalah pemilihan topik dan tema terbaru. Dimana kondisi ini mewajibkan semua penulis pemula untuk menelaah dan mencerna lebih dalam tentang kabar paling hangat atau viral. Sebab kajian tersebut sangat mampu menarik banyak views atau pembaca untuk terus mengikuti informasi yang diberikan. Bisa jadi mereka akan merekomendasikan informasi tersebut kepada orang lain secara langsung. Hal ini merupakan sebuah trik terbaik yang tidak pernah dilupakan para jurnalis ternama untuk selalu menyelami setiap kejadian di berbagai lokasi.

2. Penentuan Sudut Pandang Dalam Segala Sisi
Tentunya setiap kabar berita harian dan jurnalis memiliki gaya yang berbeda dalam menyampaikan informasi. Yang pasti diperlukan ketelitian dan kematangan yang cukup tinggi agar berita tersebut tak hanya terlihat lebih menarik, tapi juga sangat laku di pasaran. Suatu contoh jika salah satu perusahaan Smartphone ternama akan merilis produk keluaran terbaru. Jadi mereka tidak perlu repot – repot untuk membahas tentang keseluruhan deskripsi. Akan tetapi berita yang layak ditampilkan adalah bagaimana proses pembuatannya, siapa penciptanya atau mungkin latar belakang gadget tersebut. Jadi itulah informasi yang akan membuat pembaca merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam tentangnya.

3. Tetapkan Jumlah Kata Secara Konsisten
Masih berhubungan dengan poin kedua, dimana penulisan kabar berita harian diwajibkan untuk menetapkan jumlah kata pada masing – masing judul secara konsisten. Jika dari awal selalu menampilkan maksimal 400 kata, maka hal tersebut juga berlaku untuk judul dan terbitan berikutnya. Sebab setiap situs atau portal berita memiliki ciri khas tersendiri dalam menyampaikan informasi yang lebih luas. Di satu sisi, setiap kata yang tertuang harus tertata dengan rapi, penuh kejelasan dan akurat. Jadi dengan begitu setiap pembaca tak kan pernah bosan untuk menunggu objek viral berikutnya. Karena mereka pasti sangat terkesan jika sudah nyaman saat menyelami kajian berita sebelumnya.

4. Sertakan Keterangan Para Saksi
Pedoman yang keempat ini boleh jadi sering diabaikan oleh para jurnalis pemula. Dimana mereka selalu mengulas kabar berita harian tanpa memperhatikan siapa dalang dari peristiwa yang mereka informasikan. Dalam hal ini menyertakan keterangan para saksi atau narasumber merupakan hal yang paling wajib. Sebab tidak mungkin semua berita diulas dengan cara asal, pastinya mereka akan mendapatkan fakta yang sesungguhnya setelah mengulik keterangan yang lebih jelas. Dan tak lupa pula untuk selalu mengimbuhkan kutipan dari mana asal berita tersebut untuk menghindari hak cipta (Copyright) serta memasukkan waktu untuk memudahkan pembaca dalam memetakan kabar terbaru. Jadi hal ini akan memudahkan penulis untuk menyalurkan berita secara aktual, tajam dan terpercaya.

7 Pedoman Penulisan Kabar Berita Harian Bagi Para Pemula

5. Banyak Permainan Kosa Kata Baru
Di lain hal, permainan kosa kata terbaru di setiap daerah harus diketahui oleh semua jurnalis. Karena hal tersebut akan memudahkan penulis untuk menyalurkan informasi yang lebih tepat sasaran terhadap para pembaca. Terlebih saat ini banyak muncul kata – kata baru di luar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Hal tersebut boleh saja digunakan namun dalam batasan – batasan tertentu demi menghemat frasa. Lebih dari itu, pemilihan kata juga tidak harus diulang sesering mungkin. Karena harus ada persamaan kata yang layak dituangkan agar gaya tulisan tersebut lebih bervariasi dan menyajikan informasi paling menarik untuk kajian berikutnya. Dan yang paling penting adalah tidak menyertakan bahasa sastra atau kajian puitis yang nantinya menyulitkan para pembaca untuk menyerap informasi.

6. Penulisan Harus Bersifat Objektif
Sementara itu, sisi penulisan yang layak untuk menampilkan kabar berita harian harus bersifat objektif. Yang artinya mereka harus tahu bahwa setiap pembaca memiliki tema atau topik tersendiri yang ingin didapatkan. Sebagai penulis, hendaknya mereka mengetahui seluruh arah tulisan untuk menghadirkan informasi yang layak diserap demi kepentingan bersama. Terlebih mereka juga harus menjiwai semua isi tulisan agar pembaca semakin terlarut – larut dan seolah – olah mereka berada di lokasi kejadian yang sebenarnya. Dan jangan pernah mengulas berita dari sudut pandang yang sama dengan penulis lain, karena itu akan merusak citra sebagai jurnalis.

7. Ikuti Kelas Penulisan Berita
Dan pedoman yang paling wajib dilakukan adalah mengikuti kelas penulisan berita. Tak masalah jika harus mengeluarkan banyak uang, karena nantinya hal tersebut akan berdampak bagus terhadap serangkaian tulisan di berbagai tema. Sehingga para pembaca akan lebih menyelami informasi yang diberikan. Bahkan mereka akan selalu menjadi peminat setia portal tersebut untuk mendapatkan kabar berita harian paling viral saat ini. Dan kondisi itu akan meningkatkan trafik situs untuk menjadi pesaing terbesar dalam mendatangkan keuntungan.