Berita Distro Ubuntu

Ubuntu 20.10 Beta Telah Tersedia, Tertarik untuk Mencobanya?

Distribusi Linux berbasis Debian, Ubuntu, terus mengalami pengembangan. Dengan sistem rilis setiap satu semester sekali, tentu banyak hal-hal baru yang siap memanjakan pengguna disetiap rilisnya. Dan kini, Ubuntu 20.10 beta telah tersedia, tertarik untuk mencobanya?

Ubuntu 20.10 Beta Telah Tersedia, Tertarik untuk Mencobanya?
Ilustrasi latar belakang Groovy Gorilla

Sebenarnya, tidak banyak yang bisa dibahas di rilis beta ini. Belum ada sesuatu hal wah yang terlihat secara kasat mata. Akan tetapi, dirilis beta ini, Anda akan menemui banyak bocoran fitur-fitur yang siap memanjakan Anda saat rilis final nanti.

Rilis Ubuntu 20.10 menggunakan kode nama Groovy Gorilla. Kode nama tersebut terdiri dari dua kata. Kata pertama adalah kata sifat dan kata kedua adalah nama hewan.

Rilis ke-2 di tahun 2020 ini dijadwalkan rilis final pada hari Kamis, 22 Oktober 2020. Sebelum mencapai rilis final, ada dua tahapan lagi yang masih harus dikerjakan oleh pengembang dan kontributor. Diantaranya:

  • 8 Oktober : Pembekuan kernel dan batas waktu terjemahan paket non-bahasa.
  • 15 Oktober : Pembekuan final, kandidat rilis, dan batas waktu terjemahan paket bahasa.

Jangka waktu dukungan

Ubuntu 20.10 mendapat dukungan hingga bulan Juli 2021 atau sekitar sembilan bulan. Rilis Ubuntu non-LTS ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba fitur-fitur baru. Namun, jika Anda membutuhkan dukungan jangka panjang (LTS, long-term support), kami sarankan untuk menggunakan Ubuntu 20.04 LTS.

Apa yang baru di Ubuntu 20.10 Beta?

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Fitur-fitur Ubuntu 20.10 belum bisa Anda nikmati secara penuh. Hanya beberapa bagian saja yang bisa yang bisa langsung dirasakan.

Berikut beberapa fitur dan perkakas baru yang bisa Anda coba di Ubuntu 20.10 Beta ini:

Kernel Linux

Ubuntu 20.10 Beta menggunakan kernel Linux 5.8. Tetapi, pada catatan rilis sementara, pihak pengembang tidak menyebutkan versi kernel Linux yang digunakan. Kemungkinan hal itu menunggu fase pembekuan kernel pada 8 Oktober 2020.

Lingkungan Desktop

Ubuntu 20.10 Beta membawa peningkatan pada lingkungan desktop-nya. Lingkungan desktop baku ditenagai oleh GNOME 3.38. Anda bisa mengunjungi laman catatan rilis GNOME 3.38 untuk melihat lebih detail apa saja fitur-fitur barunya.

Selain GNOME 3.38, varian Ubuntu 20.10 lain seharusnya juga mendapatkan pembaruan lingkungan desktop yang tak kalah segar. Hanya saja, saya belum sempat untuk mengulas-nya satu-per-satu.

Peningkatan Keamanan

Pengembang menjadikan nftables sebagai backend baku untuk firewall di Ubuntu 20.10 Beta. Mungkin pengembang Ubuntu terinspirasi dari Debian 10 yang telah mengganti firewall backend-nya dengan nftables.

Akan tetapi, setelah saya mencoba citra iso Ubuntu 20.10 Beta, saya masih mendapati iptables terpasang secara baku untuk firewall. Apa mungkin harus menunggu kandidat rilis untuk memastikannya lagi?.

Pembaruan Aplikasi

Berikut beberapa aplikasi yang diperbarui di Ubuntu 20.10 Beta:

  • Firefox 81.0.1.
  • LibreOffice 7.0.1.2.
  • Thunderbird 78.3.1

Saya tidak menyangka, kalau Thunderbird kembali menjadi aplikasi untuk surel klien di Ubuntu 20.10 Beta. Padahal di Ubuntu 20.04 LTS pengembang menggunakan Evolution sebagai pengganti Thunderbird. Ya karena ini masih rilis beta, kita perlu memastikannya nanti. Saat rilis final.

Konsumsi RAM

Sang crazy rich desktop, GNOME, selalu menjadi topik ghibah-an yang menarik, terutama dalam hal konsumsi RAM.

Bagaimana konsumsi RAM GNOME 3.38 di Ubuntu 20.10?

Setelah mencoba Ubuntu 20.10 Beta beberapa saat, dapat saya simpulkan bahwa konsumsi RAM Ubuntu 20.10 saat idle ada di kisaran 830-an MB. Tapi, entah pada kondisi apa, saya sempat meng-capture saat konsumsi RAM hanya 784 MB. Dan itu tidak lama naik lagi menjadi 830an MB.

Tingkat komsumsi RAm dari Pemonitor Sistem
Tingkat konsumsi RAM dari Pemonitor Sistem

Kalau konsumsi RAM bisa di angka 750-an MB, mungkin bakalan cakep. Tapi kok, rasanya hampir gak mungkin.

GNOME kan sudah jadi lingkungan desktop modern, untuk konsumsi RAM yang cuman segitu, saya rasa masih aman. Apalagi, jika melihat fitur-fitur yang akan diimplementasikan sepenuhnya pada saat Ubuntu 20.10 rilis final.

Unduh Ubuntu 20.10 Beta untuk uji coba

Buat Anda yang ngebet ingin mencoba Ubuntu 20.10 Beta, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan dibawah ini:

Jika Anda ingin mencoba varian Ubuntu 20.10 Beta yang lain, silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk mengunduh varian favorit Anda:

Demikian artikel terkait dengan Ubuntu 20.10 Beta telah tersedia, tertarik untuk mencobanya?. Memang masih terdapat banyak kekurangan dimana-mana. Maklum, namanya juga rilis beta.

Buat Anda, apakah Ubuntu 20.10 ini layak untuk dinantikan? Komen di bawah, ya!.

Seorang narablog, penggemar perangkat lunak bebas dan pengguna Ubuntu MATE. Suka foto-foto dan makan-makan. Pensiunan KLAS.
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top