Browser Review Tutorial Ubuntu

Microsoft Edge, Peramban Web Andalan Microsoft Kini Tersedia untuk GNU/Linux

Beberapa pengguna GNU/Linux tanah air, tengah membicarakan salah satu produk dari Microsoft. Ya, Anda tidak sedang mengigau. Produk yang dimaksud adalah Microsoft Edge, peramban web andalan Microsoft itu kini tersedia juga untuk beberapa distribusi GNU/Linux.

Melalui laman Microsoft Edge Blog, pihak Microsoft telah mengkonfirmasi perilisan pratinjau Microsoft Edge untuk Linux.

Microsoft Edge dikembangkan berdasarkan proyek sumber terbuka Chromium. Salah satu alasan kenapa Microsoft memilih Chromium sebagai pondasi Microsoft Edge tidak lain adalah mereka (Microsoft) ingin menjadikan web tempat yang lebih baik untuk semua orang.

Alasan tersebut mungkin tidak terlalu berpengaruh pada pengguna akhir. Tapi, bagi para pengembang aplikasi web , alasan itu sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Microsoft Edge, Peramban Web Andalan Microsoft Kini Tersedia untuk GNU/Linux
Tampilan halaman pengaturan Microsoft Edge Dev di Ubuntu 20.10

Pada rilis awal Microsoft Edge, Microsoft hanya menyediakan saluran Dev. Saluran ini telah mendukung beberapa distribusi GNU/Linux populer. Diantaranya, Ubuntu, Debian, Fedora dan openSUSE. Saluran Dev akan mendapatkan pembaruan setiap minggunya.

Selain saluran Dev, ada juga saluran Beta. Saluran ini, bisa dibilang, adalah versi yang lebih stabil dari pada Saluran Dev. Saluran Beta akan mendapat pembaruan setiap enam minggu sekali dan akan segera tersedia.

Pasang Microsoft Edge Dev di Ubuntu/Debian

Microsoft Edge untuk distribusi Ubuntu atau Debian dapat dipasang dengan dua cara. Pasang langsung dari paket binari .deb atau pasang melalui PPA (Personal Package Archives).

Saya akan coba mengulas keduanya. Anda tinggal memilih langkah mana yang paling mudah menurut Anda.

Pasang Microsoft Edge Dev dari paket binari

  • Unduh paket binari .deb Microsoft Edge dengan mengeklik tautan ini dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.
  • Buka Terminal, lalu perbarui semua paket yang ada dengan perintah berikut:

    $ sudo apt update && sudo apt upgrade -y
  • Setelah semua paket diperbarui, ubah posisi direktori Anda saat ini ke ditektori tempat Anda menyimpan pasang paket binari .deb Microsoft Edge.

    $ cd Downloads/
  • Pasang paket binari .deb Microsof Edge dengan perintah berikut:

    $ sudo apt install ./microsoft-edge-dev_88.0.673.0-1_amd64.deb
  • Jalankan Microsoft Edge dengan mengeklik tombol menu, cari lalu klik pada ikon aplikasi Microsoft Edge.

Pasang Microsoft Edge Dev dari PPA

  • Buka Terminal.
  • Perbarui daftar paket dan pasang semua pembaruan yang ada. Gunakan perintah berikut:

    $ sudo apt update && sudo apt upgrade -y
  • Pasang curl, perkakas ini digunakan untuk mengambil informasi kunci sidik jari PPA. Abaikan jika Anda sudah memasangnya.

    $ sudo apt install curl
  • Unduh kunci sidik jari PPA Microsoft Edge.

    $ curl https://packages.microsoft.com/keys/microsoft.asc | gpg --dearmor > microsoft.gpg
  • Pasang kunci sidik jari.

    $ sudo install -o root -g root -m 644 microsoft.gpg /etc/apt/trusted.gpg.d/
  • Pasang PPA Microsoft Edge.

    $ sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] https://packages.microsoft.com/repos/edge stable main" > /etc/apt/sources.list.d/microsoft-edge-dev.list'
  • Lakukan pembararuan ulang daftar paket.

    $ sudo apt update
  • Pasang Microsoft Edge.

    $ sudo apt install microsoft-edge-dev
Tampilan Microsoft Edge Dev di Ubuntu 20.10
Tampilan antar muka Microsoft Edge Dev di Ubuntu 20.10

Ulasan singkat Microsoft Edge Dev

Keren dan bagus. Itu dua kata yang menggambarkan Microsoft Edge Dev di GNU/Linux. Benar-benar perkembangan besar sejak Microsoft Edge diperkenalkan pertama kali.

Tampilan utama Microsoft Edge Dev dapat disesuaikan. Ada empat opsi untuk mengubah tata letak halaman pada tampilan utama; Fokus, Inspiratif, Informatif dan Tersuai.

Di tata letak halaman utama, ada juga opsi pintasan yang mengarah ke aplikasi-aplikasi Microsoft, seperti Office 365, OneDrive, Skype dan lain-lain. Tentu saja beberapa aplikasinya hanya bisa diakses dengan opsi uji coba, setelah masa uji cobanya selesai, Anda harus berlangganan.

Pengaturan profil di Microsoft Edge Dev juga mendukung multi akun. Hanya saja, fitur tersebut masih belum bisa digunakan di Microsoft Edge Dev untuk GNU/Linux.

Secara keseluruhan, Microsoft dapat mempertahankan ciri khas-nya dalam mengembangkan Microsoft Edge Dev untuk GNU/Linux. Itu bisa dilihat dari ikon-ikon opsi yang digunakan serta portal berita di halaman utama.

Untuk siapa Microsoft Edge Dev ini?

Sebagai peramban web, Microsoft Edge seharusnya cocok digunakan untuk semua kalangan yang membutuhkan akses informasi daring. Akan tetapi, pada kasus ini, Microsoft Edge Dev lebih cocok ditujukan untuk para Microsoft Edge Insider, nama pengembang dan kontributor dibalik pengembangan Microsoft Edge.

Bagi Anda non-Microsoft Edge Insider, Anda juga bisa mencoba Microsoft Edge disalah satu distribusi GNU/Linux yang sudah dijelaskan diawal. Anda juga dapat mengirim umpan balik kepada Insiders terkait dengan permasalahan yang Anda temukan saat mencoba Microsoft Edge.

Cara memberikan umpan balik ke Insiders

Sebagai perangkat lunak terbuka yang masih dalam tahap pengembangan, Microsoft memberikan opsi untuk mengirim umpan balik yang mudah diakses oleh pengguna.

Opsi umpan balik terletak di bilah alat Microsoft Edge, tepatnya bersebelahan dengan profil pengguna.

Opsi umpan balik di Microsoft Edge Dev

Anda juga bisa bergabung di forum Microsoft Edge Insider untuk menyampaikan umpan balik atau langsung sebut @MSEdgeDev melalui cuitan di Twitter.

Seorang narablog, penggemar perangkat lunak bebas dan pengguna Ubuntu MATE. Suka foto-foto dan makan-makan. Pensiunan KLAS.
slot iklan

1 comment on “Microsoft Edge, Peramban Web Andalan Microsoft Kini Tersedia untuk GNU/Linux

  1. sans says:

    No thanks 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top