Berita Free Software

LibreOffice 7.0 Rilis! Bawa Pembaharuan Visual dan Banyak Pemutakhiran

Berlin, 5 Agustus 2020 – Setelah melewati beberapa pengujian termasuk perburuan kutu dalam pengembangannya, Proyek Sumber Kode Terbuka Libreoffice akhirnya merilis rilis mayor dari LibreOffice yang telah banyak ditunggu pengguna FOSS yaitu LibreOffice 7.0

LibreOffice 7.0 membawa beberapa pemutakhiran dalam rilis mayor ini, seperti:

Perubahan Visual pada awal memulai aplikasi

Pada awal aplikasi, anda akan menemui tampilan yang lebih menarik dan bagus dari versi sebelumnya, terimakasih untuk para desainer yang telah membuat tampilan LibreOffice 7.0 lebih halus dari sebelumnya!

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Tampilan Awal LibreOffice 7.0

Selain dari perubahan tampilan, LibreOffice juga membawa penambahan tema ikon baru yang dinamakan Sukapura. Ikon ini sendiri terlihat mirip dengan palet warna milik Apple di MacOs. Bagi para pengguna sistem operasi MacOs, tema ikon Sukapura ini akan menjadi tema bawaan dari LibreOffice 7.0. Hal menarik lainnya dari tema ikon ini adalah tema ikon ini dibuat serta dikontribusikan secara terbuka oleh warga Indonesia yaitu Sdr. Rizal Muttaqin. Keren kan! Ternyata buatan anak negeri sendiri tidak kalah keren dengan desainer-desainer negeri lainnya dan menjadi sebuah tema bawaan untuk LibreOffice 7.0.

A screenshot of a computer

Description automatically generated
Tampilan Tema Ikon Sukapura di MacOs

Mendukung Open Document Format (ODF) versi 1.3

Pada rilis ini, para pengembang juga menambahkan dukungan untuk ODF versi 1.3 sehingga para pengguna libreoffice dapat melakukan ekspor ke ODF versi terbarukan. Para pengguna juga bisa memilih versi sebelumnya namun lebih direkomendasikan untuk tetap menggunakan versi 1.3

Peningkatan kompabilitas ekspor ke DOCX

Untuk meningkatkan kompabilitas ekspor ke tipe dokumen DOCX, LibreOffice 7.0 secara bawaan akan menyimpan berkas DOCX dengan mode kompabilitas 2013/2016/2019, tidak seperti sebelumnya yang menggunakan mode kompabilitas 2007.

Dukungan semi transparan dan Ukuran halaman ekspor yang lebih besar

Pada LibreOffice Draw/Impress, sekarang anda dapat menggunakan fitur teks yang semi transparan dan anda juga dapat mengekspor berkas dalam bentuk PDF dengan ukuran yang lebih besar yaitu ukuran halaman yang lebih besar dari 200” (508 cm).

Penambahan fungsi baru pada LibreOffice Calc

Pada LibreOffice calc sendiri juga ditambahkan beberapa fungsi calc baru seperti: RAND.NV() dan RANDBETWEEN.NV() serta para pengguna sekarang dapat memasukkan regular expression (REGEX) sebagai argumen.

Untuk perubahan-perubahan baru lainnya bisa kamu lihat pada video berikut ini:

Ingin mendukung LibreOffice? Tentu saja kamu bisa!

Bagi teman-teman yang ingin mengapresiasi kerja keras serta prestasi yang telah diberikan para pengembang di aplikasi LibreOffice ini, teman-teman dapat memberikan donasi minimal Rp.50.000 dan dapat dikirimkan melalui rekening : 

Bank BTPN (Kode Bank 213) no. 90011734383 a.n. Joko Susilo.

Jangan lupa lakukan konfirmasi donasi kepada Sdr. Joko Susilo melalui telegram di @jokosu10 (Batas donasi: 17 Agustus 2020)

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top