Free Software Open Source Software

Wine 4.0 Jadi Rilis Stabil, Kenalkan Dukungan Vulkan dan Game Controller

Pengguna GNU/Linux yang pragmatis dan belum bisa meninggalkan aplikasi-aplikasi berbasis Windows, biasa menggunakan Wine. Wine sendiri merupakan layer kompatibilitas dan kerap disangka sebagai emulator.

Emulator bertugas membikin mesin virtual, misalnya mesin virtual x86_64. Dengan emulator, kita dapat menjalankan sistem operasi Windows di dalamnya. Wine tidak dapat melakukan hal tersebut. Wine hanya menerjemahkan system call Windows supaya aplikasi-aplikasi yang hanya dapat dijalankan Windows juga bisa dijalankan di GNU/Linux.

Beberapa waktu lalu, Alexandre Julliard bersama pengembang Wine lain menerbitkan rilis stabil mayor anyar, Wine 4.0. Rilis ini merupakan hasil dari pengembangan selama berbulan-bulan, yang menghadirkan pembaruan dan perbaikan dalam ribuan perubahan kode.

Wine

“Tim Wine dengan bangga mengumumkan bahwa rilis stabil Wine 4.0 sudah hadir. Rilis ini merepresentasikan setahun pengembangan dan lebih dari 6.000 perubahan,” tulis pengembang via laman winehq.org.

Wine 4.0 akhirnya mendukung driver Vulkan menggunakan pustaka bawaan X11 atau MoltenVK pada macOS. Wine 4.0 juga mendukung ikon resolusi tinggi 256×256 piksel dan visual ARGB. Di samping itu, Wine juga memperkenalkan dukungan awal Direct3D. “Dukungan awal Direct3D 12 telah diterapkan. Dukungan Direct3D 12 memerlukan pustaka vkd3d, dan kartu grafis yang mendukung Vulkan,” tulisnya.

Direct3D 10 dan 11 memperoleh pembaruan termasuk dukungan tekstur 1D, per-sample fragment shading, dsb.

Mulai rilis ini, ia juga mengenalkan dukungan pengontrol gim HID. Dukungan ini diterapkan pada XInput dan API Raw Input. Selain itu, ia juga mendukung HiDPI pada platform Android.

Dari pantauan saat kabar ini ditulis, distribusi rilis bergulir seperti Arch Linux sudah membenamkan Wine 4.0 sedangkan distribusi openSUSE Tumbleweed baru menyediakan 4.0-RC6.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top