Free Software Open Source Software

Ubuntu Touch OTA-7 Dirilis, Dukung ‘Keyboard Theming’ dan Morph Browser yang Lebih Segar

UBports menjadi salah satu proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source yang mengawali pembaruan awal tahun 2019. Selama beberapa tahun terakhir, mereka memelihara sistem operasi Ubuntu Touch—​Ubuntu untuk mobile sebagai alternatif sistem operasi Android.

“Ubuntu Touch adalah sistem operasi mobile yang menghormati kebebasan dan privasi dari UBports,” tulis pengembang. “Hanya satu bulan pasca rilis OTA-6, kami kini meluncurkan Ubuntu Touch OTA-7!”

Ubuntu Touch Over The Air (OTA) 7 menghadirkan pembaruan yang tidak sedikit. Bagi pengguna yang selama ini merasa kaku ketika tampilan papan tik itu-itu saja, kini OTA-7 telah membawa dukungan penemaan papan tik (keyboard theming). Ada sembilan tema yang disediakan, termasuk tema terang (light), gelap (dark), bordered, dan flat.

UBports

Tema ini dapat diaktifkan melalui Settings → Language & text → Keyboard theme. Jalan pintas untuk mengakses pengaturan tersebut, tekan tombol “Language” dengan agak lama, kemudian pilih Settings. Selain tema, papan tik juga mendapatkan layout baru untuk bahasa Lithuania.

Pembaruan juga ditemukan pada peramban Morph Browser yang kini memiliki opsi untuk mengatur zoom perhalaman, di samping perbaikan masalah saat menutupnya peramban karena hanya ditutupnya satu jendela dan terbukanya kembali sesi peramban baru pasca pengguna menutup jendela. Morph Browser pada OTA-7 pun memiliki kemampuan untuk menutup tab terkini dari tab switcher view. Perubahan ini menjadikan Morph sebagai peramban serius untuk berseluncur sehari-hari dan mendemonstrasikan kekuatan komunitas suportif di balik proyek, kata pengembang.

Pembaruan khusus terjadi pada dukungan Nexus 4. OTA-7 mengaktifkan modul kernel yang memperbanyak chiper kriptografi. Sedangkan pada dukungan Nexus 7, perangkat ini kini mampu melakukan update melalui jaringan wifi-only.

Pengguna perangkat yang resmi didukung oleh Ubuntu Touch, termasuk Nexus 4 dan 5, OnePlus One, dan Fairphone 2 akan mendapatkan pembaruan ke OTA-7 pada tanggal 13 Januari besok.

Dukungan pemortanan (porting) makin baik

Selain pembaruan untuk pengguna akhir, kehadiran OTA-7 ini juga membawa pembaruan libhybris—​perkakas untuk menerjemahkan driver Android ke userspace berbasis glibc. Dengan libhybris, perangkat yang didukung oleh Android 7.1 akan secara otomatis didukung oleh Ubuntu Touch.

Untuk memperoleh persiapan pemutakhiran dari OTA-6, silakan ikuti bahasannya di laman UBports.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top