Berita Distro Ubuntu

Ubuntu 19.10 Mendapat Tanggal Rilis dan Memiliki Codename “Eoan Ermine”

Tidak beberapa lama selang di rilisnya Ubuntu 19.04 dengan codename Disco Dingo pada 18 April 2019, Ubuntu memulai pengembangan baru untuk rilis berikutnya.

Untuk codename Ubuntu rilis selanjutnya, OS yang terkenal ini akan membawa codename yang berawalan dengan huruf E seperti yang biasa dilakukan dan ini bukanlah kali pertama Ubuntu menggunakan codename berawal huruf E. Pada tahun 2006, Ubuntu juga secara resmi merilis versi 6.10 dengan codename resmi “Edgy Eft”.

Di lansir dari situs Launchpad, situs resmi pengodingan online untuk pengembangan Ubuntu, disebutkan bahwa codename rilis selanjutnya berawalan kata “Eoan”. Kata tersebut bukanlah sebuah kesalahan ketik, namun memiliki arti sebagai sesuatu yang berhubungan fajar atau merujuk ke sesuatu yang dari arah timur.
Tambahan kata “Ermine” sendiri pada codename rilis Ubuntu 19.10 diumumkan oleh Mark Shuttleworh pada blog pribadinya. Kata Ermine pada codename memberikan tanda bahwa yang menjadi maskot pada Ubuntu 19.10 kedepannya adalah Cerpelai.

Apa yang baru di Ubuntu 19.10  ?

Ubuntu 19.10 dengan codename “Eoan Ermine” sendiri akan rilis diperkirakan pada tanggal 17 Oktober untuk rilis final. Pada versi terbaru ini, Ubuntu mengusung beberapa pembaharuan yang sangat signifikan yaitu seperti peningkatan visual dan performa menggunakan GNOME 3.34, peningkatan tema bawaan Yaru dengan dukungan aplikasi Snap, penggunaan GCC terbaru yaitu GCC 9, terpasangnya Python versi 3.7, OpenJDK 11 serta Golang versi 1.12

Selain daripada itu, Ubuntu 19.10 ini berencana membawa perubahan seperti penggunaan multi-monitor GDM, membawa secara bawaan driver NVIDIA pada ISO dan penambahan opsi baru untuk opsi daya.

Apabila anda ingin mengikuti perkembangan terbaru dari Ubuntu 19.10 ini, anda dapat mengikuti Daily Builds yang disediakan oleh Ubuntu, namun harap diperhatikan kalau setiap images yang ada memiliki kualitas “alpha” dan tidak dimaksudkan untuk penggunaan harian. Namun, apabila kamu ingin menggunakannya untuk menelusuri pengembangannya dan percobaannya, kamu dapat mengunduh dan memasang di tautan berikut ini.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top