Berita Distro Ubuntu

Ubuntu 14.04 LTS Resmi Transisi ke Extended Security Maintenance (ESM)

Ubuntu 14.04 (Trusty Tahr) LTS secara resmi telah bertransisi ke fase Extended Security Maintenance (ESM). Fase ini dimulai sejak akhir april 2019 yang lalu. Hal ini berarti untuk pengguna biasa yang tidak memiliki akses pada Extended Security Maintenance (ESM), tidak akan mendapatkan dukungan/pemutakhiran lebih lanjut.

Mengenal ESM & LTS

LTS atau biasa dikenal sebagai Long Term Support, adalah fase dukungan yang dilakukan oleh penyedia distro seperti Canonical kepada sistem operasi Ubuntu dalam jangka waktu 5 tahun. Dukungan yang diberikan antara lain adalah dukungan teknis, penambalan sekuritas serta perbaikan kritis.

Sedangkan ESM atau Extended Security Maintenance (ESM) adalah fasilitas yang disediakan Canonical ketika Ubuntu telah mencapai masa akhir dukungan dan pengguna masih membutuhkan dukungan lebih lanjut. Canonical sendiri akan menyediakan dukungan melalui Ubuntu Advantage for Infrastructure (UA) kepada pengguna yang memiliki akses ke ESM. Untuk Ubuntu 14.04, Canonical akan memberikan dukungan ESM sampai pada April 2022

Mengapa Membutuhkan ESM?

Layanan ESM ini digunakan oleh kalangan industri dalam skala menengah keatas, yang dimana membutuhkan dukungan lebih lanjut pada sistem keamanan dan kebutuhan sesuai dengan regulasi yang telah mereka buat. Diharapkan melalui ESM, integritas dan stabilitas pada sistem yang digunakan tidak terganggu.
ESM ini juga biasa digunakan oleh SysAdmin selagi menunggu migrasi atau menggunakan versi terbaru dari Ubuntu.

Bagaimana cara mengaktifkan ESM?

Kunjungi halaman resmi Ubuntu ESM dan anda dapat membeli layanan tersebut. Setelah pembelian dilakukan, anda akan mendapat token khusus untuk dapat mengaktifkan ESM.
Gunakan perintah berikut pada terminal anda untuk memasukkan token yang telah anda dapat sebelumnya:

$ sudo ubuntu-advantage enable-esm [ENTER TOKEN] 
$ sudo apt-get update 

Layanan ESM pada ubuntu anda telah siap digunakan dan anda akan menerima dukungan dari Canonical.

Bagaimana Cara Melakukan Peningkatan ke Ubuntu Versi Terbaru?

Menurut situs resmi Ubuntu, pengguna sangat disarankan untuk melakukan peningkatan pada versi terbaru Ubuntu yang mendapat dukungan LTS yaitu Ubuntu 18.04 LTS. Ubuntu 18.04 ini sendiri diperlengkapi dengan kecepatan boot yang lebih cepat, kernel versi 4.15 dan didesain untuk Kubernetes dan CI/CD.
Apabila anda menginginkan untuk melakukan peningkatan, silahkan gunakan perintah berikut pada terminal anda:

$ sudo do-release-upgrade

Atau anda dapat mengunjungi aplikasi Software & Updates yang telah disediakan.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top