Berita Kernel

Setelah Merilis 7 Kandidat, Linux 5.1 Akhirnya Rilis!

 

Setelah 7 kali merilis kandidat untuk kernel terbarunya, Linuz Torvalds mengumumkan rilis terbaru dari kernel yaitu untuk versi 5.1. Kernel terbaru ini membawa codename yang sama dengan 7 rilis kandidat sebelumnya yaitu “Shy Crocodile”.

Kernel ini sendiri selain memperbaiki bug bug yang ada, kernel ini juga membawa pembaharuan yang cukup signifikan dan menarik seperti interface I/O, support pada processor Habana Labs Goya AO, support terbaru pada ACPI dan beberapa pembaharuan pada support hardware.

Untuk pembaharuan pada interface I/O, Linux Kernel 5.1 memperkenalkan interface dengan performa tinggi yang disebut io_uring yang dapat membuat asinkronus I/O lebih cepat dari sebelumnya. Selain daripada itu pada kernel terbaru ini, membawa pembaharuan untuk memperbolehkan pengguna untuk mengonfigurasi kompresi Zstd serta support pada intel fastboot, Intel 22260 Wifi dan lebih persisten dalam penggunaan memori seperti sistem RAM.

Perlu diingat bahwa kernel ini tidak mendapatkan dukungan jangka panjang (LTS) sehingga bagi pengguna yang ingin menggunakan kernel ini untuk lebih berhati hati dalam mengaplikasikannya. Untuk mendapatkan kernel terbaru ini, anda bisa mengunjungi situs resmi kernel disini.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top