Berita Free Software GNOME

Setelah 14 Tahun Dikembangkan, GParted Rilis Versi 1.0.0

GParted (Gnome Partition Editor), sebuah alat aplikasi penyunting partisi terkenal yang berbasis sumber kode terbuka buatan GNOME akhirnya menyentuh pada versi 1.0 setelah hampir 14 tahun dikembangkan oleh para pengembang.

 

Aplikasi GUI yang memudahkan pengguna untuk menyunting partisi secara tatap muka ini membawa beberapa pembaharuan mayor seperti dukungan untuk membaca, memeriksa, menambah penggunaan diska pada berkas sistem F2FS, lalu adanya kemampuan untuk memungkinkan pengubahan ukuran secara daring partisi extended dan memperbaiki proses penyegaran yang membutuhkan waktu yang lama pada berkas sistem NTFS.

Selain daripada itu, versi terbaru ini juga menambahkan porta ke GTKMM 3 dan porta ke infrastruktur dokumentasi alat GNOME yelp.

Dengan perubahan besar ini, kami mengubah nomor versi utama. Rilis 1.0.0 ini tidak berarti bahwa GParted telah menjadi lebih stabil atau kurang stabil dari sebelumnya, Pemutakhiran ini membuat GParted membutuhkan GTKMM3 daripada GTKMM2. Perlu dicatat bahwa beberapa dependensi lainya akan berubah
Pengembang GParted

Pemutakhiran ini bisa didapatkan di Ubuntu versi 19.10 dan selanjutnya, namun apabila kamu tertarik ingin mencobanya, kamu bisa mendapatkan sumber kodenya disini.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top