Free Software Open Source Software

OpenShot 2.4.4 Resmi Dukung Resvg dan Tingkatkan Keyframe Scaling

Hampir satu pekan lalu, Jonathan Thomas menerbitkan rilis anyar untuk perkakas editor video OpenShot. “Saya bangga mengumumkan rilis OpenShot 2.4.4, versi terbaik!” Tuturnya via openshot.org. “Rilis ini memberikan performa yang lebih baik dan peningkatan stabilitas, bersamaan dengan perbaikan bug mayor, pemolesan, dan banyak fitur baru.”

Meskipun OpenShot 2.4.4 sebenarnya adalah rilis perbaikan bug, ia tetap membawa peningkatan penting pada beberapa sisi yang layak untuk dinikmati oleh para pengguna. Peningkatan yang dimaksud terlihat pada Docking dan Tracks. Widget properti berukuran penuh dapat digeser ke sisi kiri atau kanan. Kotak itu kini dapat menampilkan lebih banyak informasi dan opsi tanpa perlu sering digulirkan (scrolling).

Kinerja Track juga semakin bagus. “Pembaruan juga dibenamkan pada fitur new track, yang membuatnya berjalan lebih cepat pada proyek besar, dan lebih mudah di-‘undo‘ jika diperlukan. Dan juga perbaikan bug pada bagian ‘Track Name’ serta dukungan track kustom di semua dialog.”

Dari sekian perbaikan, Jonathan Thomas menyebutkan bahwa pembenahan bug terbaik pada rilis ini terjadi pada penskalaan keyframe (keyframe scaling). Segala konsekuensi buruk tak terduga yang muncul saat penggantian atau mengekspor frame rate berbeda sudah diperbaiki. Konsekuensi buruk yang dimaksud termasuk keyframe yng terkadang muncul terlalu cepat atau terlambat. OpenShot 2.4.4 juga telah meningkatkan dukungan perenderan SVG. Ia kini kompatibel dengan resvg—​pustaka berbasis Rust.

OpenShot

Perubahan lainnya terjadi pada dukungan path relatif yang makin mumpuni. Saat berkas proyek .osp disimpan, semua path dikonversi menjadi path relatif. Ketika berkas dibuka kembali, path akan dikonversi kembali menjadi path absolut. Fitur ini menguntungkan karena berkas proyek OpenShot dapat dibuka di lokasi manapun. Mungkin ada yang bilang, “lo, fitur itu bukannya sudah ada sejak dahulu?”. Ya, memang sudah ada tetapi Jonathan menyebut pembaruan ini lebih bagus dan stabil.

Di samping itu, yang tak kalah menarik, OpenShot 2.4.4 menyediakan beragam preset yang dapat diperoleh melalui repositori github.com. Preset dalam repositori tersebut menyediakan dukungan bagi pengguna yang ingin merender video untuk diunggah ke Twitter, Vimeo, Instagram, dll. Untuk menggunakannya, salin berkas XML ke direktori /home/pengguna/.openshot_qt/presets/. Ia juga membenamkan daftar perubahan (changelog) terintegrasi dan peningkatan Waveform.

Mulai rilis ini, saya ucapkan selamat kepada Jonathan Thomas yang telah mendedikasikan diri sebagai pengembang OpenShot selama lebih dari 10 tahun dan kini ia resmi bekerja secara penuh untuk proyek ini.

OpenShot 2.4.4 dapat diperoleh melalui repositori GNU/Linux yang Anda pakai. Jika belum tersedia, Anda dapat mengunduhnya melalui https://www.openshot.org/download/ dalam bentuk AppImage.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top