Free Software Open Source Software

NotebookBar Makin Matang, TDF Rilis LibreOffice 6.2 dan 6.1.5

Awal Februari 2019 ini, The Document Foundation (TDF) selaku organisai nirlaba di balik pengembangan LibreOffice meluncurkan rilis anyar: LibreOffice 6.2. Ia adalah rilis terkini yang semakin menyempurnakan pengolah dokumen tersebut agar semakin nyaman dan fungsional saat dipakai oleh para penulis dokumen.

LibreOffice 6.2 menghadirkan NotebookBar yang makin matang—​antar muka menu semirip ribbon-nya Microsoft Office. NotebookBar sudah menjadi fitur eksperimental selama beberapa bulan lalu dan kini ia siap dipakai sehari-hari sebagai fitur stabil.

“The Document Foundation mengumumkan LibreOffice 6.2 dengan NotebookBar, rilis mayor signifikan dari perkakas perkantoran yang menghadirkan pendekatan radikal pada antar mukanya—​berdasarkan konsep MUFFIN—​serta menyediakan opsi pengalaman pengguna yang mampu memuaskan semua preferensi pengguna, sambil meningkatkan semua ukuran layar dengan cara terbaik,” ujar Italo Vignoli.

Sekadar mengingatkan, MUFFIN atau My User Friendly & Flexible INterface adalah konsep pengembangan yang mengutamakan preferensi antar muka pengguna, fleksibilitas, dan keramahpenggunaan.

LibreOffice
Gambar 1. GroupedBar LibreOffice

Di samping membawa kebaruan pada NotebookBar, LibreOffice 6.2 juga memperbarui tema ikon elementary dan Karasa Jaga, memperbarui fungsi salin spreadsheet pada Writer, menambahkan dukungan analisis regresi multivariate menggunakan regression tool pada Calc, serta meningkatkan animasi motion path pada Impress dan Draw. Selain itu, interoperabilitas dengan format dokumen proprietari Office.

LibreOffice
Gambar 2. Menu memilih antar muka

Setiap menghadirkan rilis pembaruan, TDF sering mengumumkan pula rilis pemeliharaan. Seperti saat ini, tak hanya menghadirkan LibreOffice 6.2, mereka juga mengumumkan LibreOffice 6.1.5. Rilis 6.1.5 membawa beragam perbaikan bug yang meningkatkan kestabilan fitur pada Writer, Calc, Impress, dan Draw.

Apabila distribusi GNU/Linux yang Anda pakai belum menyediakan dua versi tersebut, Anda dapat mengunduhnya melalui libreoffice.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

3 comments on “NotebookBar Makin Matang, TDF Rilis LibreOffice 6.2 dan 6.1.5

  1. se7entime says:

    wah iya, menu-menunya sekarang jadi terlihat lebih modern

  2. munajib says:

    kok aku gak bisa instal di windows 7 ya libreoffice 6.2 & 6.1.5

  3. Bl says:

    Mungkin harus membuat tutorial memasang font ms.office di libreoffice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top