Berita

Microsoft Mengumumkan Untuk Membawa Kernel Linux Pada Windows 10

Dilansir dari blog milik salah satu pengembang Microsoft, Craig Loewen, Microsoft secara resmi mengumumkan untuk membawa kernel linux yang asli ke dalam Windows 10 pada pembaharuan berikutnya.

Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat pada sebelumnya Microsoft telah mulai membawa Bash dan Linux pada subsistemnya yang lebih dikenal sebagai Windows Subsystem for Linux (WSL).

WSL (Windows Susbsystem for Linux) adalah lapisan kompabilitas kernel linux untuk Windows. WSL memungkinkan untuk aplikasi aplikasi linux (yang rata rata berbasis CLI) untuk berjalan di dalam sistem operasi Windows. Fitur ini juga disebut Bash pada Windows.

Untuk dapat menggunakan WSL, anda dapat memasang bash pada Windows melalui Ubuntu, Kali ataupun openSUSE karena distro ini sudah disediakan pada Windows 10 Store.

Pada pembaharuan WSL yang selanjutnya yaitu WSL 2, Microsoft akan menggantikan lapisan tersebut dengan kernel linux yang asli. Kernel yang terpasang ini nantinya akan menggunakan kernel yang sama dengan produk Microsoft lainnya, cloud Azure yaitu Kernel Linux 4.19. WSL 2 akan tersedia melalui program Windows Insider pada akhir Juni 2019 dan dilansir pada situs resmi Canonical, bahwa Ubuntu akan dapat digunakan di WSL 2 ini.

Hal ini akan menjadi yang pertama bahwa sebuah kernel Linux akan terpasang didalam Windows.
Hal ini akan menjadi tindakan nyata dari betapa Microsoft mencintai Linux

Craig Lowen
Pengembang Platform Windows

Hal menarik selain berita dibawanya kernel pada sistem operasi Windows 10 adalah Microsoft berjanji untuk membuat kernel berbasis linux ini tersedia di github resmi Microsoft sehingga pengembang dapat membuat versi nya sendiri.

Bagaimana pendapat pembaca dengan langkah nyata Microsoft ini? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

2 comments on “Microsoft Mengumumkan Untuk Membawa Kernel Linux Pada Windows 10

  1. Anubhab says:

    Itu memang langkah besar yang harus saya katakan oleh Microsoft. Ini akan membuka vertikal baru. Apa yang kamu katakan?

  2. Jon says:

    Sepertinya semua akan Linux pada waktunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top