Berita Free Software Open Source Software

LibreOffice 6.3 Beta Tidak Menyertakan Versi 32-Bit di Kandidat Rilis Pertamanya

The Document Foundation (TDF) merilis kandidat beta pertama LibreOffice dari versi selanjutnya yaitu versi 6.3. Pengembangan versi ini sudah dilakukan TDF sejak November 2018 dan telah merilis versi alfa sebelumnya.

Pada rilis alfa LibreOffice 6.3, versi ini mendapatkan cukup banyak respon seperti 683 kode perbaikan yang disertakan serta 141 kutu dilaporkan di Bugzilla. Dengan membawa perbaikan dari rilis alfa sebelumnya, LibreOffice 6.3 versi Beta ini sendiri dapat diuji coba secara publik pada sistem operasi berbasis Linux, Mac atau Windows.

LibreOffice 6.3 sendiri dijadwalkan akan rilis pada pertengahan bulan Agustus tahun 2019 ini dan direncanakan akan mencakup peningkatan kinerja, alat yang lebih baik serta kompabilitas dengan format office lainnya. LibreOffice 6.3 ini juga akan mendapatkan total 6 pemutakhiran sebelum mencapai akhir masa dukungannya pada 29 Mei 2020.

TDF juga mengumumkan jika pada versi terbaru ini, mereka tidak akan menyertakan versi 32-Bit. Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat bahwa pada rilis sebelumnya yaitu LibreOffice 6.2, TDF telah mengatakan bahwa ada kemungkinan besar pada rilis selanjutnya versi 32-Bit tidak diikutsertakan.

“Kode binari Linux x86 (32-Bit) akan segera diturunkan. Segera tidak akan ada build kode binari Linux x86 (32-Bit) yang diproduksi oleh TDF setelah rilis 6.2. Hal ini tidak berarti kompabilitas terhadap x86 akan dihilangkan”
-LibreOffice 6.2 Release Notes-

Untuk pengguna setia LibreOffice, anda tetap dapat menggunakan LibreOffice versi 32-Bit pada komputer anda serta akan tetap mendapatkan dukungan untuk versi 6.2 kebawah namun pada saat LibreOffice 6.3 nantinya rilis, anda tidak akan dapat melakukan peningkatan ke versi terbaru tersebut.

libreoffice hero

Apakah ada kemungkinan LibreOffice 6.3 bisa terpasang pada komputer berbasis 32-Bit? Hal ini dirasa memungkinkan mengingat LibreOffice berbasis proyek sumber kode terbuka sehingga komunitas dapat merilis versi 32-Bit dan memelihara nya secara tidak resmi.

Tertarik untuk menguji cobanya? apabila di komputermu terpasang sistem operasi berbasis 64-Bit, tentu kamu bisa melakukan uji coba! Kamu dapat mengunduhnya di halaman resmi Wiki Document Foundation.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top