Berita Debian Distro

Lewati 25 Bulan Masa Pengembangan, Debian 10 Akhirnya Rilis!

Setelah melewati 25 bulan masa pengembangan, akhirnya Debian 10 dengan codename Buster resmi dirilis pada tanggal 6 Juli 2019. Debian versi ini akan mendapatkan dukungan jangka panjang yaitu selama 5 tahun (LTS).
Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai fitur-fitur terbaru yang ada pada Debian 10, perlu kamu ketahui berikut adalah arsitektur komputer yang didukung oleh Debian 10:

• 32-bit PC (i386) and 64-bit PC (amd64)
• 64-bit ARM (arm64)
• ARM EABI (armel)
• ARMv7 (EABI hard-float ABI, armhf)
• MIPS (mips (big-endian) and mipsel (little-endian))
• 64-bit little-endian MIPS (mips64el)
• 64-bit little-endian PowerPC (ppc64el)
• IBM System z (s390x)

Apa yang baru pada Debian 10?

Wallpaper Bawaan Debian 10

Membawa beberapa pembaharuan pada dekstop environment

Debian 10 membawa pembaharuan pada dekstop environment seperti Gnome 3.22, KDE Plasma 5.8, LXDE, LXQt 0.11, Mate 1.16 dan Xfce 4.12. Selain daripada itu Debian 10 menjadi versi debian yang pertama yang membawa program berbasiskan Rust seperti Firefox, ripgrep, fd, exa dan lainnya. Pada Gnome 3.22 yang dibawa, debian menggunakan Wayland sebagai tipe sesi bawaan.

Mampu terpasang dan berjalan pada komputer ketika Secure-Boot aktif

Debian 10 dapat terpasang dan berjalan pada komputer yang mengaktifkan fitur Secure-Boot. Perlu diketahui, biasanya pengguna perlu mematikan fitur Secure-boot terlebih dahulu padahal Secure-Boot sendiri adalah fungsi sekuritas pada komputer yang mencegah memuat kode-kode yang tidak terdaftar serta melindungi dari bootkits dan rootkits pada saat instalasi sistem operasi.

Membawa Linux Kernel 4.19-0.4

Debian 10 ini membawa kernel versi 4.19-0.4 dari sebelumnya versi 4.9.0.3 , kernel versi ini adalah salah satu kernel yang mendapat dukungan jangka panjang (LTS)

AppArmor aktif secara bawaan

Debian 10, secara bawaan sudah mengaktifkan fitur bernama AppArmor. Fitur ini sendiri digunakan sebagai kerangka kerja yang mengatur kontrol akses wajib.

NFTables sebagai pengganti IPTables

Debian 10 juga membawa NFtables sebagai pengganti iptables yang biasa digunakan untuk mengatur lalu lintas pada jaringan komputer. Dengan adanya NFTables, pengguna dapat mengatur dengan sintaks yang lebih mudah dipahami serta mendapatkan dukungan lebih baik untuk firewall ipv4-ipv6

Tentunya masih banyak pembaharuan lainnya yang dibawa pada Debian 10 ini, untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca catatan rilis resmi disini.

Tertarik Untuk Menggunakan Debian 10?

Jika kamu menginginkan untuk mencoba Debian 10 sekarang, kamu dapat melakukan peningkatan pada repositori package Debian 9 Stretch. Ubah pada konfigurasi berkas /etc/apt/sources sehingga terlihat seperti ini:

 deb http://httpredir.debian.org/debian buster main
 deb http://httpredir.debian.org/debian buster-updates main
 deb http://security.debian.org buster/updates main

Setelah itu lakukan pemutakhiran pada indeks menggunakan perintah berikut:

# apt-get update

Langkah terakhir, lakukan peningkatan ke Debian 10 dengan perintah berikut:

# apt-get upgrade
# apt-get dist-upgrade

Atau apabila ingin melakukan fresh install atau mencoba Debian 10 untuk pertama kali, kamu bisa melakukan instalasi dengan mengunduh ISOnya disini.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

4 comments on “Lewati 25 Bulan Masa Pengembangan, Debian 10 Akhirnya Rilis!

  1. Alwan says:

    Ada satu fitur baru yang sangat baik di debian buster live, yaitu adaptasi calamares installer, menggantikan debian installer.

    Calamares adl installer GUI cross distro yang sangat baik, dan satu-satunya yang mendekati kemudahan dari ubiquity installer milik ubuntu.

    1. Terimakasih untuk tambahan ilmunya, akan menjadi tambahan pada artikel ini

    1. Dengan senang hati, silahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top