Berita KDE

Krita 4.2 Rilis! Membawa Perbaikan Terhadap 1000+ Kutu

Kabar gembira untuk para desainer grafis yang sehari-hari menggunakan aplikasi sumber kode terbuka sebagai aplikasi utama. Krita, sebuah aplikasi desain grafis berbasis Qt versi terbaru yaitu 4.2 sudah tersedia untuk diunduh.

Versi ini diungkapkan sebagai pemutakhiran besar yang dirilis oleh para pengembang dengan memperbaiki lebih dari 1000 kutu serta penambahan fitur-fitur baru (selengkapnya di catatan rilis).

Krita 4.2 ini juga datang dengan perbaikan pada tampilan serta memberikan dukungan yang lebih baik untuk perangkat tablet serta seluruh sistem operasi yang didukungnya termasuk Linux! selain itu, Krita juga meningkatkan dukungan tampilan HDR pada sistem operasi Windows 10.

Krita versi terbaru ini membawa peningkatan performa kecepatan brush dengan menggunakan teknik pemrograman yang disebut lock-free hashmap untuk mengatur data pixel serta vektorisasi pada GPU. Teknik pemrograman ini mampu meningkatkan kecepatan brush dengan baik karena menggunakan multi-threading.

(Peningkatan performa kecepatan brush)

Selain itu Krita 4.2 ini juga membawa peningkatan fitur seperti bilah tampilan penggunaan memori agar pengguna dapat menyiapkan memori yang cukup pada saat melakukan render pekerjaan yang mereka lakukan.

(Tampilan bilah penggunaan memori)

Untuk melihat ulasan lebih lanjut mengenai aplikasi desain grafis keren ini, kamu bisa melihat video dibawah ini :

Aplikasi desain grafis Krita ini sendiri tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows dan MacOs. Pada sistem operasi Linux, sangat disarankan untuk pengguna memasang aplikasi ini menggunakan Flatpak, Snap, PPA dan AppImage. Sedangkan untuk pengguna MacOS atau Windows, anda bisa mendapatkannya disini dan tersedia untuk versi 32-bit dan 64-bit.

 

Mahasiswa D3 Teknik Informatika di salah satu kampus Politeknik terbaik di Indonesia yaitu PENS. Terbuka dan berbagi untuk sesuatu yang baru
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top