Berita Kernel Pengumuman

Kernel Linux 5.0.21 Menjadi Rilis Terakhir, Dukungan Kernel Linux Seri 5.0 Dihentikan

Hasil gambar untuk kernel linux 5.0

Dilansir dari milis salah satu pengembang kernel linux yaitu Greg Kroah-Hartman, Beliau secara resmi mengumumkan rilis terakhir kernel linux dari seri 5.0 yaitu versi 5.0.21. Hal ini menandakan bahwa kernel linux untuk seri 5.0 tidak akan lagi mendapatkan pemutakhiran atau penambalan sekuritas.

(Milis Pengumuman oleh Greg Koar-Hartman)

Kernel Linux 5.0 ini sendiri baru saja dirilis sekitar 2 bulan yang lalu yaitu pada 4 Maret 2019 oleh Linuz Torvalds dan bukan menjadi bagian dari dukungan jangka panjang yang didukung oleh para pengembang kernel linux. Kernel ini sendiri juga hadir dengan tidak membawa perubahan yang mayor pada pemutakhirannya.

Greg Kroah-Hartman melalui pengumuman milisnya, mendesak agar pengguna aktif kernel linux 5.0 agar segera melakukan pemutakhiran ke versi kernel linux yang lebih baru dan stabil yaitu Kernel linux 5.1

“Perlu dicatat, bahwa ini adalah pemutakhiran terakhir untuk kernel versi 5.0. Kernel ini sudah mencapai akhir dari dukungan. Harap segera berpindah ke kernel versi 5.1 pada saat ini juga.”
Greg Kroah-Hartman

 

Lakukan Peningkatan ke Kernel Linux versi 5.1

Jika anda menggunakan distro GNU/Linux yang ditenagai oleh kernel linux seri 5.0, anda harus melakukan pemutakhiran sekarang ke versi kernel linux 5.0.21 dan mempertimbangkan untuk melakukan peningkatan pada kernel anda ke versi terbaru 5.1. (versi terbaru 5.1.7 pada saat artikel ini ditulis) di hari hari kedepan.

Terdapat 2 cara untuk melakukan peningkatan pada kernel anda, salah satunya adalah dengan mengunduh dan melakukan kompil sumber kode dari kernel.org atau dengan memasang paket binari dari repositori perangkat lunak yang disediakan oleh distro GNU/Linux yang anda gunakan. Harap pastikan anda melakukan hal ini ketika anda telah membaca artikel ini.

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top