Berita

Dua Tahun Menunggu, UBports Resmi Berdiri Sebagai Yayasan (Foundation)

UBports, selama beberapa bulan atau bahkan satu tahun lebih, melanjutkan semangat pengembangan sistem operasi mobile yang sempat dimatikan oleh empunya. Mark Shuttleworth pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan membangun dukungan Ubuntu untuk ponsel pintar, tablet, TV pintar, dll pada tahun 2011. Pada Februari 2013, diterbitkanlah Ubuntu Touch pertama sebagai rilis pengembangan.

Pengembangan terus dilakukan hingga tahun 2017, sampai akhirnya Canonical menyerah. Mereka akan lebih fokus mengerjakan dunia server dan IoT alih-alih mengutamakan ranah desktop dan mobile.

Meski aktif menjadi organisasi pengembang Ubuntu Touch (menggantikan Canonical), UBports Foundation secara resmi baru terbentuk. Dalam siaran persnya, pengembang menyampaikan, “Kami dengan sangat bangga dan takjub mengumumkan bahwa kami mendapatkan status foundation ofisial. Otoritas di Berlin telah menerima rencana dan dokumen kami. Pencapaian menakjubkan pada misi ini untuk membuat Ubuntu Touch sukses sebagai sistem operasi mobile alternatif.”

UBports

Seperti yang disinggung di atas, UBports dibentuk di Jerman sehingga secara otomatis urusan administrasi didaftarkan kepada pemerintah Jerman. “Dewan Direktur (BoD) bangga mengumumkan bahwa permintaan formal mereka telah diterima oleh pemerintah lokal di Berlin. Kami bangga, langkah terakhir untuk menjadi Foundation ofisial kini telah selesai.” Lalu apa keuntungan UBports ketika menjadi foundation seutuhnya? UBports kini lebih leluasa untuk memperoleh pendanaan dan untuk menyediakan cendera mata. Organisasi mereka juga lebih terstruktur sehingga akan lebih mudah ketika akan mengadakan semacam kerja sama dengan organisasi lain.

Pengurusan status sebagai foundation ini dilakukan sejak tahun 2017 yang dibantu oleh The Document Foundation.

Dewan Direktur atau Board of Directors (BoD) UBports terdiri dari:

  • Marius Gripsgard
  • Ricardo Mendoza
  • Jan Sprinz
  • Florian Leeber
  • Ewald Pierre

Sedangkan anggota komite (Membership Committee) terdiri dari:

  • Dalton Durst
  • Dan Chapman
  • Diogo Constantin
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top