Free Software Open Source Software

Dikembangkan 15 Tahun, Inkscape Sentuh Versi 1.0

Lima belas tahun yang ditunggu-tunggu, Inkscape menginjak versi 1.0. Meskipun ini masih berupa prarilis Alpha, Inkscape 1.0 sudah dapat dijajal oleh publik. Hype sambutan terhadapnya sudah terasa sampai saat ini.

Rilis awal Inkscape terjadi pada tanggal 2 November 2003 dan saat itu nomor versi dimulai dari 0.23. Inkscape merupakan hasil fork dari Sodipodi, perangkat lunak desain grafis vektor yang berhenti dibangun pada tahun 2004. Meskipun sejak saat itu nomor rilis Inkscape terlihat belum stabil—​0.x—​perangkat lunak tersebut sudah dipakai oleh kalangan profesional seperti David Revoy. Di lingkaran lokal, Inkscape juga dipakai oleh desainer profesional dan penghobi anggota komunitas Gimpscape.

Banyak fitur baru yang layak disorot pada Inkscape 1.0, termasuk dukungan layar 4K/HiDPI pada antar mukanya. Inkscape 1.0 juga menerapkan dukungan penemaan (theming), opsi anyar saat mengekspor gambar ke PNG, kemampuan untuk memutar dan me-mirror kanvas, serta kemampuan operasi path yang lebih gesit.

Inkscape

Fitur baru lain yang tak kalah menarik adalah kemampuan untuk mengontrol lebar PowerStroke dengan sentuhan pada tablet, fitur dukungan variable font (jika dikompilasi menggunakan Pango 1.41.1 ke atas), dsb.

Kehadiran Inkscape 1.0 juga mempengaruhi dukungan ekstensi. Pengembang menyarankan pengembang ekstensi untuk memperbarui kode mereka agar mendukung Inkscape 1.0. “Ekstensi telah berada pada perubahan fundamental. Stok ekstensi Inkscape telah pindah ke repositorinya sendiri dan telah diperbarui dengan kompatibilitas Python 3. Secara internal, ekstensi telah diorganisasi ulang dan beberapa fungsinya telah diusangkan,” kata pengembang via catatan rilis.

Jika Anda penasaran dengan kinerja prarilis Inkscape 1.0, Anda dapat mencicipi lewat AppImage yang dapat diunduh melalui laman inkscape.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top