Deepin Distro

Deepin 15.11 Rilis! Bawa Pembaharuan Sinkronisasi Awan dan Peningkatan Lainnya

Deepin 15.11 versi stabil telah dirilis secara resmi pada tanggal 19 Juli 2019. Dengan membawa pembaharuan seperti sinkronisasi awan pada pusat kontrol, fungsi pembakar diska pada pengatur berkas dan masih banyak lagi.

Deepin sendiri adalah distro Linux berbasiskan debian yang berorientasi pada kecantikan layar yang menampilkan dekstop khusus yang disebut Deepin dan aplikasi-aplikasi asli milik Deepin. Deepin sendiri memiliki Desktop Environtment sendri yang disebut dengan Deepin Dekstop Environtment (DDE).

Bagaimana cara mengetahui versi stabil atau tidak pada Deepin 15.11?

Untuk mengetahui apakah versi deepin yang kita gunakan pada komputer kita adalah versi stabil atau tidak, kita dapat menggunakan perintah berikut ini:

# grep panda /etc/apt/sources.list

Jika pada keluaran perintah diatas menampilkan “panda”, berarti versi yang anda gunakan adalah versi yang tidak stabil (unstable) dan disarankan untuk segera memasang ulang menggunakan versi yang stabil. Jika tidak ada keluaran tampilan, maka anda sedang menggunakan versi yang stabil.

Apa saja yang baru pada Deepin 15.11?

  • Perbaikan pada KWIN (KDE Windows Manager)
    Peningkatan yang mencolok pada KWIN yang digunakan Deepin karena melakukan banyak perbaikan pada kutu, lebih terang dan cantik serta memiliki kompabilitas yang lebih baik dari sebelumnya
  • Peningkatan pada Deepin Store
    Peningkatan juga dilakukan pada Deepin Store dimana lebih cerdas dalam mengenali secara otomatis daerah anda berdasarkan lokasi ID Deepin anda atau lokasi IP Address.
  • Sinkronisasi Awan (Cloud Sync)
    Setelah melakukan proses masuk pada Deepin ID di pusat kontrol, deepin dapat secara otomatis mensinkronisasi pengaturan sistem ke penyimpanan awan yang telah disediakan. Pengaturan tersebut adalah pengaturan jaringan, pengaturan suara, pengaturan tetikus, pengaturan pemutakhiran, pengaturan daya, tema, gambar belakang. Selain daripada itu, pengguna juga diperbolehkan untuk menonaktifkan fitur ini dengan memilih beberapa pengaturan yang tidak perlu disinkronisasi.
Fitur ini tersedia hanya di daratan utama Tiongkok, akan segera tersedia untuk daerah-daerah lainnya.
  • Pembakaran Diska
    Deepin juga menyediakan fitur pembakaran diska yang dapat dilakukan melalui pengaturan berkas pada saat kita menambahkan diska optik.

Tertarik untuk menggunakan distro yang cantik namun ringan ini? kamu bisa mengunduhnya disini

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

2 comments on “Deepin 15.11 Rilis! Bawa Pembaharuan Sinkronisasi Awan dan Peningkatan Lainnya

  1. Eka says:

    Terakhir make Deepin 15.09 sebelum install ulang ke Manjaro i3, gara-gara install i3 dan salah upgrade menggunakan source list dari debian.

    Tampilan deepin emang mantep banget, kalau yang ingin punya DE dengan tampilan wah tanpa harus banyak otak-atik, Deepin is one of the best. Cuma saran saya kalau makenya mau mulus, bagus di ram 8Gb. Soalnya pas coba di ram 4Gb agak ngos-ngosan kalo mulai buka banyak aplikasi.

    Pas dicek saat idle aja udah ngabisin 1.2Gb ram.

    1. ya memang sangat ringan dan memiliki DE yang keren, sayang masih banyak kutu yang ditemukan pada DE tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top