Berita BlankOn Free Software

Berkenalan dengan Pak Sokibi: Cerita Beliau Membagikan Pengetahuan Menggunakan LibreOffice dan Aplikasi FOSS

Sebuah artikel terbaru di posting pada blog milik The Document Foundation. Artikel tersebut membahas kegiatan sebuah anggota komunitas yang memiliki pengalaman/kontribusi pada aplikasi perkantoran LibreOffice atau aplikasi FOSS lainnya. Dalam artikel terbaru ini, TDF mengulas mengenai Bapak Sokibi yang berasal dari Indonesia. Siapa beliau sehingga bisa dikenal oleh The Document Foundation dan mereka menuliskan kisah beliau dalam blog mereka?

Sokibi (Ya, hanya terdiri dari satu kata pada nama beliau – gaya penamaan yang berasal dari Jawa Kuno). Beliau lahir di sebuah desa yang terletak lumayan jauh dari Kota Semarang (Sekitar 45 KM), Indonesia dan beliau saat ini memiliki kesibukan menjalankan sebuah toko kecil yang terletak di sebuah pasar tradisional. Toko yang beliau jalankan menjual berbagai laptop baru ataupun bekas dan beliau juga menyediakan jasa layanan memperbaiki komputer, pelatihan dan dukungan untuk migrasi ke aplikasi-aplikasi berbasiskan sumber kode terbuka.

Beliau memiliki sejarah yang panjang dengan yang namanya aplikasi sumber kode terbuka khususnya aplikasi perkantoran seperti StarOffice, OpenOffice serta LibreOffice. Ditengah kesibukan beliau, beliau juga memberikan perhatian yang besar melalui pelatihan-pelatihan yang beliau ajarkan di sekolah-sekolah. Tak tanggung-tanggung, pelatihan beliau telah menjajaki jenjang sekolah dari yang paling dasar sampai dengan tingkat menengah atas.

Beliau menjalankan pelatihan tersebut dengan konsisten selama 20 tahun belakangan dan masih terus beliau lakukan walaupun lokasi sekolah-sekolah tersebut terhitung sangat jauh dari rumahnya. Beliau sendiri memiliki tujuan agar murid-murid yang ada tidak terpaku pada aplikasi-aplikasi yang berlisensi dan berbayar, masih ada alternatif yang tidak kalah baik seperti LibreOffice dan aplikasi FOSS lainnya. Untuk mendukung pelatihan yang beliau lakukan di sekolah-sekolah, beliau juga menulis 16 buku mengenai belajar komputer dari tingkat pemula dan seterusnya, termasuk 4 buku untuk anak-anak TK dan 12 buku untuk siswa sekolah dasar.

Salah satu buku yang ditulis Bp. Sokibi

Tak berhenti hanya dengan pelatihan saja, Beliau juga sangat sering membagikan/mendonasikan komputer yang dia miliki ke beberapa perpustakaan yang ada di desa-desa di Jawa Tengah karena kebanyakan desa-desa tersebut belum memiliki komputer sama sekali. Komputer-komputer yang beliau bagikan juga ditenagai sistem operasi GNU/Linux dan aplikasi-aplikasi FOSS seperti LibreOffice.

Beberapa tahun yang lalu, Pak Sokibi sendiri juga tergabung dengan tim dokumentasi BlankOn Linux (Distro Linux asli Indonesia yang di manajeri oleh Bp. Ahmad Haris) – Beliau menulis dokumentasi untuk para pengguna baru yang ingin bermigrasi ke aplikasi-aplikasi FOSS dan cara penggunaan LibreOffice untuk sehari-hari.

Pada sudut pandang beliau, beliau melihat bahwa aplikasi-aplikasi FOSS masih memiliki dokumentasi yang sedikit/terbatas dalam bahasa Indonesia pada cara penggunaan/pengoperasian aplikasi FOSS. Beliau punya harapan besar, dengan apa yang beliau lakukan selama ini yaitu memberikan pelatihan, menulis buku serta membagikan pengetahuan yang beliau miliki, jumlah dari kontributor aplikasi FOSS ataupun LibreOffice dapat meningkat dan bertumbuh.

Nah, sekilas mengenai orang keren dari Indonesia yang sampai dikenal oleh The Document Foundation yaitu Bapak Sokibi. Beliau sudah mulai dengan cara beliau sendiri dan apa yang bisa beliau lakukan itu memberikan manfaat bagi banyak orang serta generasi masa depan. Banyak orang juga sebenarnya bisa berkontribusi mengikuti jejak beliau, mulai dari hal yang paling kecil yaitu melakukan translasi pada sebuah aplikasi FOSS/LibreOffice atau melakukan pengujian aplikasi (QA). Tunggu apalagi? Yuk mulai kontribusi dengan caramu!

Susah? Itu artinya bisa, kalau mustahil itu baru namanya tidak bisa!

Ahmad Haris, Membership Commitee Deputy of TDF
Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

1 comment on “Berkenalan dengan Pak Sokibi: Cerita Beliau Membagikan Pengetahuan Menggunakan LibreOffice dan Aplikasi FOSS

  1. Anonymous says:

    Saya pake xenta os sama2 buatan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top