Berita Event Free Software Komunitas

Bekerjasama dengan Creative Common Indonesia, Gimpscape Indonesia Adakan Kontes Adaptasi Karya

Kontes Adaptasi Karya: Kita Berkarya, Kita Merdeka lahir dari sebuah kolaborasi antara Creative Common Indonesia dan komunitas Gimpscape Indonesia. Kontes ini dibuat dengan tujuan menghasilkan poster infografis yang berisi materi sosialisasi tentang panduan menggunakan karya yang berlisensi Creative Commons. Kontes ini dapat diikuti oleh semua orang serta tidak dipungut biaya.

Sumber materi telah disediakan oleh panitia dan dapat diubah/disesuaikan selama tidak mengurangi esensi dari pesan yang seharusnya tersampaikan. Untuk mendapatkan materinya, kamu bisa unduh pada tautan berikut.

Kontes ini juga membawa juri-juri yang profesional di bidangnya seperti:

  • Joaquim Baeta (Network Member – Creative Commons Global Network)
  • Nugroho Dwi Hartawan (Gimpscape Indonesia)

Untuk kamu yang berminat untuk mengikuti kontes ini, berikut ketentuan yang perlu kamu ketahui:

  • Karya yang dikirim harus dilisensikan dengan lisensi CC BY (Atribusi) 4.0 Internasional,  Unduh piktogram lisensi CC BY (atribusi) 4.0 di sini 
  • Materi kontes berlisensi CC BY 4.0 jadi peserta diwajibkan memberikan atribusi dengan format sebagai berikut: 

Infografis oleh <nama peserta> berdasarkan “Menggunakan Karya Berlisensi Creative Commons” oleh Harsa W.R, CC BY 4.0 Internasional. (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/deed.id).

  • Karya yang dibuat merupakan karya hasil buatan sendiri bukan dibuat oleh orang lain.
  • Karya yang dikirim harus menggunakan format PNG dan berkas asli dalam format dokumen terbuka (SVG, XCF, atau KRA).
  • Karya yang dikirim dapat diaplikasikan untuk publikasi di berbagai media sosial (diperkenan untuk membuat semacam salindia untuk Instagram feed).
  • Karya yang dikirim tidak boleh menyinggung hal-hal terkait isu SARA dan pornografi.
  • Tidak diperkenankan untuk menyisipkan karya orang lain (berupa foto, ilustrasi, atau gambar) yang tidak menggunakan lisensi terbuka.
  • Konten dibuat dengan menggunakan menggunakan palet warna yang telah disediakan oleh penyelenggara dan fonta Source Sans Pro. Palet warna dapat diunduh pada tautan berikut ini.
  • Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya.
  • Kontes ini bersifat individu, bukan kelompok atau grup.
  • Panitia berhak untuk mendiskualifikasi karya yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah disebutkan di atas dengan atau tanpa pemberitahuan apapun kepada peserta terkait.

Segera kirimkan karya terbaikmu ke surel gimpscape.id@gmail.com dengan subjek “KONTES CCID” (kapital di tiap huruf) sebelum 10 Agustus 2019 pukul 22.00 WIB. Jangan lupa untuk sertakan identitas diri pada badan surel seperti: nama, alamat lengkap, nomor hp. Selain itu peserta juga wajib untuk mengunggah karyanya di akun instagram dengan menggunakan tagar:

#AkuPakaiCC #gimpscape #CCID

Jangan lupa juga untuk me-mention akun instagram @cc_indonesia dan @gimpscape_id. Hadiah dari kontes ini juga tidak kalah menarik yaitu tablet Wacom Bamboo untuk dua orang pemenang dan juga satu bingkisan spesial untuk karya favorit yang mendapat paling banyak like dari warganet di Instagram.

Untuk pemenang kontes, panitia akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 17 Agustus 2019 pada pukul 10.00 WIB melalui media-media sosial Creative Commons Indonesia dan Gimpscape Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Yuk ikutan! (info lengkap, kunjungi laman berikut ini)

Penggiat proyek sumber kode terbuka
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top