Distro Zorin OS

Zorin OS 12.3 Hadir, Sediakan Fitur Folder Warna-warni dan Fitur Intuitif Lain

Sejak awal dikembangkan, Zorin OS menjadi produk distribusi GNU/Linux yang ditargetkan untuk pengguna kasual (harian) maupun pengguna profesional yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak maupun multimedia. Zorin OS sendiri dibangun dengan basis Ubuntu, distribusi yang sejak dulu populer karena keramahan sistemnya terhadap pengguna pemula.

Zorin OS

Zorin Group selaku pengembang, akhir tahun 2016, meluncurkan Zorin OS 12. Sejak saat itu, mereka sibuk memperbarui rilis tersebut hingga bulan ini mengumumkan ketersediaan rilis pembaruan ketiga, Zorin OS 12.3.

“Kami gembira mengumumkan rilis Zorin OS 12.3. Versi ini fokus pada penguatan sisi fundamental sistem operasi yang berkontribusi pada pengalaman pengguna unik Zorin OS: kesederhanaan, keamanan, dan fungsionalitas,” jelas pengembang via zoringroup.com.

Yang segar di Zorin OS 12.3

Di rilis ini, akhirnya Zorin OS membenamkan Wine 3.0 yang akan semakin mempercepat dan mempertangguh kinerja aplikasi berbasis Windows di distribusi tersebut. “…​ terima kasih atas pengenalan dukungan Direct3D 10 & 11,” tutur pengembang.

Pada bagian desktop, pengembang menjanjikan lingkungan yang lebih intuitif bagi pengguna baru maupun mahir dengan fitur-fitur segar, termasuk fitur untuk melihat printer jobs. Ketika Anda sedang mencetak dokumen, Anda dapat melihat indikator baru pada bagian detail panel listing (kanan bawah pada systray). Anda dapat melihat antrean maupun membatalkan jobs melalui perkakas tersebut.

Tidak hanya itu, manajer berkas Zorin OS kini membolehkan pengguna mengatur warna folder sesuka hati. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengelola ruang folder sesuai topik. Contohnya, Anda dapat mengatur warna folder mata kuliah “pemrograman OOP” dengan warna biru, mata kuliah “struktur data” dengan warna merah, mata kuliah “pemasaran internet” dengan warna hijau, dst.

Zorin OS
Gambar 1. Folder warna-warni (zorin.com)

Fitur lain yang mungkin akan mengesankan Anda adalah pada layout Window List. Tidak hanya menampilkan popover pratayang (preview) jendela saat Anda menyorot panel (pada taskbar), pratayang dapat langsung diklik untuk langsung membuka jendela aplikasi. Lihat video ini untuk lebih jelasnya.

Selain fitur segar, Zorin OS 12.3 juga membenamkan kernel Linux 4.13 dengan mitigasi Meltdown dan Spectre.

Untuk mendapatkan citra ISO-nya, silakan kunjungi zorinos.com. Varian lain termasuk Ultimate, Education, dan Business akan menyusul kemudian.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top