Free Software Open Source Software

Wine 3.12 Dukung Unicode 11.0.0, Perbanyak Glyphs Fon Wingding

Pengembangan perangkat lunak “emulator” untuk menjalankan aplikasi berbasis Windows di sistem operasi mirip-Unix (GNU/Linux khususnya) selama ini berjalan mulus. Terbukti dengan rilis pengembangan yang rutin diterbitkan oleh pengembang satu sampai dua pekan sekali.

Setelah mengumumkan Wine 3.11 pekan akhir Juni lalu, proyek ini kembali mengumumkan versi anyar Wine 3.12. Layaknya rilis pengembangan yang hadir sebelum-sebelumnya, Wine 3.12 membawa beberapa pembaruan yang apabila mulus saat diuji, ia akan menjadi fitur pada rilis stabil.

Wine

Wine 3.12 telah meningkatkan dukungan data Unicode ke Unicode 11.0.0. Dengan demikian, Wine mendukung lebih banyak karakter karena Unicode 11.0.0 sendiri telah menambahkan dukungan 684 karakter termasuk dukungan 7 skrip karakter baru.

Rilis pengembangan termutakhir ini juga telah menambahkan glyphs pada fon Wingdings, dialog konfigurasi proksi baru pada panel kontrol Internet, dan membenahi sintaks pada intepreter perintah cmd.exe. Di samping pembaruan-pembaruan seperti itu, Wine 3.12 juga memperbaiki 40 bug sermasuk pada ProPresenter 4.x, Stranded II, Splinter Cel: Blacklist, Heroes of Might & Magic III HD Edition, dan League of Legends.

Perbaikan lainnya juga dapat ditemukan pada komponen inti, termasuk dukungan ARM64, berkas kernel32, Regedit, dsb. Berkas tarball Wine 3.12 dapat diperoleh melalui tautan ini (unduhan langsung). Bagi yang tertarik mengompilasi Wine secara manual silakan ikuti caranya melalui laman wiki Wine.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top