Distro

Void Linux Kehilangan Pimpinan Proyek, Rombak Organisasi

Proyek Void Linux mengalami masalah serius.

Void Linux adalah distribusi yang tak besar tetapi layak untuk disebut sebagai distribusi unik. Distribusi ini merupakan salah satu distribusi rilis bergulir (rolling release) yang menerapkan sistem init runit alih-alih sysv atau yang kekinian, systemd.

Pengembangan Void Linux sepertinya tengah terhambat gara-gara “kehilangan” pimpinan proyek. Menurut keterangan pengembang via laman voidlinux.eu, sejak akhir bulan Januari 2018, Tim Inti Void tidak dapat menghubungi Juan RP alias xtraeme dan hampir setahun tidak ada komunikasi berarti dengannya.

Void Linux
Gambar 1. Void Linux (voidlinux.eu)

Kabar Linux mencoba mengamati akun Github Juan RP, kontribusinya memang mandek pada bulan Januari. Bulan Februari, Maret, dan April 2018 kosong, sama sekali tak ada indikator warna hijau sebagai tanda bahwa ia aktif mengerjakan Void Linux.

Kehilangan pimpinan tidak berpengaruh langsung pada proyek. Tiga masalah utama yang diakibatkan dari masalah tersebut “hanyalah” pada pengelolaan organisasi Void Linux di Github, pengelolaan, kanal IRC, dan domain. Juan adalah satu-satunya orang yang memegang pengelolaan tiga area tersebut.

Pengembang berencana membuat organisasi Github baru dan mencoba untuk tak lagi memasrahkan akun kepada satu orang saja, memindahkan domain ke voidlinux.com, dan mengambil alih kanal IRC freenode.

Selama ini, semua donasi Void Linux juga diserahkan kepada Juan. Di masa mendatang mereka akan menghubungi organisasi nirlaba untuk menjadi pengurus proyek, terutama pada pengelolaan donasi dan sumber daya.

Ke depannya semoga Void Linux terus berlanjut. Ia merupakan proyek distribusi kecil tetapi sangat berarti, karena ia menjadi bagian dari semangat kebebasan dan kemerdekaan sebuah proyek FLOSS.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top