Distro

Untuk Mem-boot Kernel, Pop!_OS Akan Manfaatkan Systemd-boot dan Kernelstub

Beberapa bulan ke belakang, System76 sibuk membangun fitur-fitur anyar untuk calon rilis Pop!_OS berikutnya yang kemungkinan berbasis Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Salah satu fitur yang dimaksud adalah perkakas penginstal (installer).

Pop!_OS

Alih-alih memanfaatkan perkakas penginstal yang sudah ada seperti Ubiquity atau Calamares dan mengolahnya sedemikian rupa, System76 lebih memilih membangun penginstalnya sendiri dengan fitur-fitur menarik yang belum tentu ada di penginstal lain.

Setelah membahas fitur enkripsi full disk, sepekan ini insinyur System76 bekerja keras mengolah backend alat penginstal distinst terutama pada proses pemartisian yang kini mendukung fitur untuk memindahkan maupun mengubah ukuran partisi. “Akan banyak usaha yang perlu dilakukan, (karena usaha tersebut) memerlukan banyak waktu pengujian sehingga tidak ada kehilangan data saat menjalankan operasi-operasi ini,” terang System76.

Pengembang menyediakan antar muka CLI untuk distinst. Jika Anda paham dengan bahasa pemrograman Rust dan ingin berkontribusi menulis kode maupun ikut mengujinya, silakan kunjungi tautan ini.

Optimasi waktu boot

Selain mengerjakan distinst, pengembang juga berusaha menyingkat waktu boot dengan cara mengoptimasi boot sequence. Pop!_OS akan menggunakan systemd-boot alih-alih GRUB untuk memuat kernel dan initramfs pada sistem UEFI sehingga untuk melakukannya pengembang menggunakan Kernelstub.

Kernelstub yang menyebut diri sebagai pengelola otomatis untuk mem-boot GNU/Linux pada sistem UEFI merupakan utilitas yang bekerja menyalin citra kernel dan initramfs ke ESP (EFI System Partition). Menariknya, Anda tetap dapat menambahkan parameter kernel tertentu sewaktu-waktu (fitur ini memanfaatkan NVRAM).

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Untuk Mem-boot Kernel, Pop!_OS Akan Manfaatkan Systemd-boot dan Kernelstub

  1. Ali says:

    Hahaha systemd-boot gitu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top