Distro elementaryos

Untuk Elementary OS 5.0 Juno, Pengembang Segarkan ‘Look and Feel’

Dalam sebulan terakhir, pengembang elementaryOS masih sibuk mengerjakan calon rilis anyar elementaryOS 5.0 Juno. Juno ini spesial karena menjadi calon rilis yang nomornya melompat jauh dari nomor rilis sebelumnya. Tidak hanya nomor rilis, Juno juga akan menyertakan fitur-fitur mayor terkini.

Elementary OS cukup populer sebagai distribusi yang berpenampilan cantik. Untuk mempertahankan status tersebut, elementary OS 5.0 akan menghadirkan Look and Feel yang semakin segar. Sebagai dasar warna, pengembang telah menambahkan lima shades di setiap warna pada palet warna. “Perluasan palet (warna) ini meningkatkan konsistensi antara ikonografi dan stylesheet kami serta memberikan dukungan framework yang lebih baik kepada komunitas pengembang aplikasi pihak ketiga untuk membuat aplikasi mereka terasa alami pada elementaryOS,” ungkap Daniel Fore.

elementary OS

Di Juno nanti, palet warna baru tersebut akan terpasang secara bawaan dalam bentuk berkas .gpl yang siap dimanfaatkan melalui Inkscape maupun GIMP.

Pengembang juga menyiapkan pembaruan ikon yang mencakup pendesainan ulang, pembuatan ikon baru, dan penyesuaian dengan palet baru. Beberapa ikon baru dapat ditemukan pada ikon tipe berkas yang berhubungan dengan coding, ikon tipe Ruby dan Go misalnya.

Pembaruan Look and Feel lain yang tak kalah menarik juga dapat ditemukan pada perubahan stylsheet yang terpicu peningkatan dukungan GTK+ 3.22, pembenaman wallpaper gres, dsb.

Bagi pengguna elementary OS, harap bersabar. Saat ini belum dapat diperkirakan waktu rilis 5.0 Juno karena proyek ini menerapkan prinsip “rilis kalau siap”. Untuk prarilis Beta 1 saja belum tentu hadir dalam waktu dekat.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Untuk Elementary OS 5.0 Juno, Pengembang Segarkan ‘Look and Feel’

  1. sofiul+ says:

    Saran mas update juga untuk distro Solus. bagus banget ini distro apalagi buat laptop low end kaya punya saya. Enteng dan nyaman banget. Saya pakai Solus mate. Harus nyoba :))

    1. Kabar Linux sudah berusaha mengover perkembangan Solus mas di https://kabarlinux.id/category/distro/solus/ atau https://kabarlinux.id/?s=budgie, saat ini memang belum ada kabar terkini dari mereka

  2. ayyoeoeb says:

    Repository Solus belum ada yang lokal. Proses update begitu lambat.

  3. Nur Kholis says:

    Wah, sudah tidak sabar menunggu rilis Juno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top