Distro

Ubuntu Budgie dan Ubuntu MATE Singkirkan Dukungan 32-bit Mulai Rilis 18.10

Ubuntu telah menghapus citra ISO 32-bit mulai beberapa waktu lalu dan hanya fokus menyediakan ISO 64-bit. Bagi pengguna Ubuntu rumahan hal ini bukanlah sesuatu yang menyengsarakan, kecuali jika komputer yang dipakai merupakan produksi jadul, lebih dari satu dekade lalu.

Jika beberapa pengguna masih kekeh ingin memasang 32-bit karena keterbatasan perangkat, mereka dapat memasang 5 variannya (flavours) yang terdiri dari Ubuntu MATE, Ubuntu Budgie, Kubuntu, Lubuntu, dan Xubuntu. Di versi 18.10, alternatif varian Ubuntu 32-bit bakal berkurang. Dua varian, Ubuntu Budgie dan Ubuntu MATE, memastikan bahwa mulai rilis mendatang mereka tidak akan lagi menyediakan ISO 32-bit.

Ubuntu Budgie
Gambar 1. Budgie-remix atau Ubuntu Budgie

David Mohammed, pimpinan proyek Ubuntu Budgie, menegaskan bahwa menurut statistik, mayoritas pengguna budgie-remix 16.04 sampai Ubuntu Budgie terkini memakai sistem 64-bit. Apalagi saat ditanyakan kepada pengguna ISO 32-bit, mereka dengan senang hati untuk beralih ke 64-bit. Meski begitu, ia menjamin ISO 18.04 32-bit tetap akan mereka perbarui selama tiga tahun ke depan.

Di samping karena data statistik yang menampilkan mayoritas pengguna 64-bit, kesulitan akses ke perangkat keras 32-bit adalah alasan pengembang untuk melakukan hal ini. “Tidak ada satupun tim penguji Ubuntu Budgie memiliki akses ke perangkat keras 32-bit — sehingga pengembangan hanya dilakukan via VirtualBox. Tentu itu tidak memuaskan,” jelasnya.

Keputusan ini seia sekata dengan proyek Ubuntu MATE yang juga ingin berhenti menyediakan citra 32-bit mulai rilis 18.10. Martin Wimpress menyebutkan, kurang dari 10 persen pengguna yang menjalankan citra 32-bit serta tim QA Ubuntu MATE yang kesulitan mengakses perangkat 32-bit adalah dua hal yang cukup beralasan mengapa mereka memutuskan hal tersebut. Namun, berbeda dari Ubuntu Budgie yang ingin lebih fokus meningkatkan kualitas dukungan 64-bit, proyek Ubuntu MATE ingin mengerahkan energi untuk mendukung perangkat ARM di samping x86_64 itu sendiri.

Ubuntu MATE
Gambar 2. Ubuntu MATE

Ubuntu MATE pun menjamin dukungan 32-bit pada rilis 18.04 LTS sampai tahun 2021.

Kamu menggunakan Ubuntu Budgie dan Ubuntu MATE 32-bit? Apakah kamu tertarik untuk beranjak ke 64-bit atau memilih distribusi lain yang masih mendukung 32-bit? Jangan ragu ‘tuk sampaikan komentar di bawah ini 🙂

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top