Free Software Open Source Software

UBports Siap Bangun Dukungan Unity8 untuk Debian, One Plus 3 Jadi Perangkat Komunitas Berikutnya

UBports berkomitmen memperbarui Ubuntu Touch sebagai sistem operasi mobile bebas/merdeka pengganti Android. Ini dilakukan setelah Mark Shuttleworth menghentikan pengembangan Ubuntu Touch maupun Unity 8 tahun 2017 lalu.

Di acara tanya-jawab (Q&A) yang rutin diadakan oleh tim internal Ubuntu Touch, Marius Gripsgard dan dua pengembang UBports lain menjelaskan bahwa mereka akan memperbarui aplikasi perpesanan Telegram. Hal ini disebabkan dengan akan dilakukannya penggantian protokol transport dan API oleh pihak upstream Telegram. Selain itu, Marius juga telah mempersiapkan dukungan One Plus 3 sebagai perangkat komunitas (community device) berikutnya setelah Motorola Moto G 2014.

Kabar tersebut mungkin membuat beberapa pengguna Ubuntu Touch penasaran, mengapa One Plus 3 tidak menjadi porta ofisial? Menurut jajak pendapat yang dilakukan pada laman UBports lawas, One Plus 3 sebenarnya unggul tetapi pengembang tidak menjanjikan perangkat tersebut sebagai porta ofisial selanjutnya—​alih-alih justru menjadikannya sebagai porta komunitas.

Porta Unity8 ke Debian

Kejutan! UBports akan memorta Unity8 ke Debian. Entah berhubungan atau tidak, sebelumnya Yunit sudah memorta hasil fork Unity 8 yang mereka garap ke Debian. Namun, sayang Yunit justru menutup proyek mereka dan “memasrahkan” segala pembaruan berikutnya kepada UBports.

Secara tidak langsung, hal ini dilakukan untuk melanjutkan perjuangan Yunit sebelumnya.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top