Free Software Open Source Software

Tujuh Efek Baru Diperkenalkan di OpenShot 2.4.2

Akhir bulan Juni, proyek perkakas pengolah video OpenShot mengumumkan ketersediaan rilis mutakhir 2.4.2. Jonathan Thomas menyampaikan hal tersebut melalui openshot.org, “versi 2.4.2, (rilis) terkini dan terhebat OpenShot Video Editor kini tersedia (setelah lama ditunggu), dan kami memiliki pembaruan yang sangat banyak untuk dibagikan!”

Pengembang mengaku, ia sangat bersemangat dengan kehadiran rilis ini meskipun waktu pengembangannya cukup lama. Perasaan “semangat” yang sangat wajar karena fitur-fitur anyar yang disertakan di 2.4.2 memang banyak dan keren.

(video rilis)

Di rilis 2.4.2, OpenShot telah membenamkan tujuh efek baru; Crop, Color Shift, Hue, Bars, Pixelate, Shift, dan Wave, yang semuanya dibangun dari awal serta dapat dikelola dalam bentuk keyframe. Pengembang berjanji, mereka akan menulis pos dan tutorial khusus untuk masing-masing efek. Di samping efek, rilis ini juga membenamkan fitur otorotasi (auto rotate). Fitur ini memanfaatkan metadata pada foto dan video yang akan diedit serta memanfaatkan versi terkini FFmpeg.

OpenShot 2.4.2 juga menghadirkan fitur auto audio mixing. “Ketika (fitur) diaktifkan, clip dapat memanfaatkan strategi 3 audio mixing yang berbeda, untuk kasus saat clip saling bertumpuk dan berkompetisi pada volume audio,” terangnya. Buruknya playback dan mixing audio pada perangkat lunak ini pun dibenahi sehingga hasil mixing lebih halus.

Kestabilan OpenShot juga meningkat karena pengembang telah membenahi masalah pada dependensi, memori korup, dan masalah race condition multi-threaded. Peningkatan kestabilan akan lebih dirasakan oleh pengguna Windows. Dialog ekspor juga menjadi pokok pembaruan di sini begitu juga peningkatan sistem build.

Rilis OpenShot terkini dapat diperoleh di masing-masing repositori GNU/Linux. Jika belum, Anda dapat mengunduh berkas AppImage-nya melalui laman utama (khusus arsitektur 64-bit).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top