Desktop Environment

Tujuh Bulan Dikembangkan, Tim LXQt Rilis LXQt 0.13.0

Tim pengembang LXQt–desktop environment penerus LXDE—​kembali meluncurkan rilis baru setelah lama tidak ada kabar semenjak rilis LXQt 0.12.0 bulan Oktober 2017.

LXQt 0.13.0 membenamkan beberapa pembaruan, tidak banyak, tetapi cukup untuk melegakan para pengguna yang sehari-hari menggunakan desktop ini untuk aktivitas komputasinya. Beberapa pembaruan yang dimaksud termasuk dukungan Qt 5.11, libfm-qt yang tak lagi terlalu bergantung dengan libfm, pengembang mengklaim ia akan meningkatkan performa dan fleksibilitas desktop.

LXQt

Di samping itu, LXQt 0.13.0 menyambut kehadiran Qps dan screengrab ke dalam proyek mereka, begitu juga meningkatkan perkakas LXQtCompilerSettings, meningkatkan hasil translasi, menjadikan menu-cached berjalan opsional pada panel dan runner untuk mencegah kebocoran memori dan masalah yang timbul saat memuat ulang atau mematikan LXQt, serta memindahkan berkas konfigurasi LXQt ke /usr/share/lxqt.

Tidak hanya mempengaruhi pengguna, rilis anyar ini juga mempengaruhi para pemaket distribusi GNU/Linux karena semua paket lxqt-* kini bergantung pada liblxqt >= 0.9.0, lxqt-admin kini bergantung pada libpolkit-qt5-1, lxqt-build-tools >= 0.5.0 kini menjadi paket wajib yang perlu dipaketkan langsung setelah libqtxdg, dsb.

Sepertinya masih cukup jauh LXQt menginjak rilis final 1.0.0 pertamanya. Namun, beralihnya Lubuntu ke LXQt menggantikan LXDE menjadi harapan tersendiri, ia dapat mempengaruhi pengembangan desktop ini agar semakin cepat. Semoga …​

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Tujuh Bulan Dikembangkan, Tim LXQt Rilis LXQt 0.13.0

  1. uciha says:

    sangat ditunggu pembaharuan yang lebih freshh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top