Kernel

Tubrukan dengan Konferensi, Greg Pastikan Rilis Linux 4.19 Final Dua Pekan Lagi

Mungkin kabar mengenai kehadiran kandidat rilis anyar kernel terasa membosankan karena tak aplikatif bagi pengguna kasual, tetapi kami tetap berusaha menyampaikan secara rutin untuk pengguna yang ingin tetap mengikuti perkembangkan kernel terkini hasil pimpinan Linus Torvalds.

Secara harfiah, bukan Linus Torvalds, tetapi Greg Kroah-Hartmann yang saat ini memegang tampuk pemeliharaan kernel mainline untuk sementara waktu. Torvalds masih beristirahat, meningkatkan kemampuan empatinya terhadap orang lain.

Kabar Linux

Menurut Greg, Linux 4.19-rc7 yang dirilis hari kemarin lebih besar ukurannya dibanding RC6. “Banyak sekali (pembaruan) tree yang digabung pekan ini, lebih banyak dari (prarilis) sebelumnya,” ungkap Greg. Pembaruan paling disorot yang hadir di sini adalah kode jaringan, driver, scheduler, iommu, dan vfs.

Secara “normal”, siklus pengembangan calon rilis mayor kernel adalah tujuh pekan dengan RC7 sebagai kandidat rilis terakhir. Namun, di kala tertentu, jika ada hal-hal yang masih perlu diatasi, pengembang biasanya menerbitkan prarilis tambahan—​RC8. Seperti pada siklus pengembangan 4.19 ini, Greg memutuskan untuk menghadirkan RC8, bukan karena masalah teknis, tetapi lebih pada waktu rilis yang berbenturan dengan konferensi Linux Kernel Maintainer Summit di Edinburgh, Skotlandia.

“…​ untuk memastikan 4.19 sesolid mungkin,” tuturnya.

Tarball kernel Linux 4.19-rc7 sendiri dapat diunduh melalui https://kernel.org. Pengguna Ubuntu dapat mencicipinya dalam bentuk DEB dengan mengunduhnya melalui proyek Ubuntu Kernel Mainline.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top