Free Software Open Source Software

Totalitas Gunakan GEGL, Rilis Termutakhir GIMP 2.10 Final Hadir

Perangkat lunak pengelola gambar raster atau bitmap, GIMP, mengumumkan ketersediaan rilis final GIMP 2.10.0. Ini adalah rilis pembaruan yang hadir empat bulan sejak kehadiran rilis pengembangan GIMP 2.9.8 dan enam tahun sejak rilis stabil 2.8.

“Versi baru yang ditunggu-tunggu GIMP 2.10.0 akhirnya tersedia! Ini adalah rilis yang besar, yang berisi hasil 6 tahun pengerjaan (GIMP 2.8 dirilis hampir enam tahun lalu!) oleh kontributor inti yang kecil tetapi berdedikasi,” tulis pengembang GIMP, Wilber.

Beragam pembaruan diperkenalkan

GIMP 2.10 menjadi rilis stabil terkini yang totalitas mengalihkan pemprosesan gambar ke GEGL (Generic Graphics Library). Dengan GEGL, GIMP mampu dipakai untuk mengolah gambar dengan tingkat kedalaman bit yang lebih bagus, mendukung pemprosesan piksel dengan perangkat keras terakselerasi (hardware accelerated), memiliki dukungan multi-thread yang ciamik, dll.

GIMP
Gambar 1. GIMP dengan GEGL (gimp.org)

Rilis termutakhir ini juga mengalihkan fitur manajemen warna sebagai fitur inti, memperbarui beragam tool dan membenamkan yang baru seperti tool transform Warp, transform Handel, dan transform Unified, meningkatkan dukungan digital painting seperti perotasian kanvas, pelukisan simetri, dan dukungan brush MyPaint.

Dukungan HiDPI dasar juga tersedia di GIMP 2.10 beserta dukungan format gambar baru RGBE, WebP, HGT, OpenEXR, dukungan penyunting dan penampil Metadata untuk XMP, IPTC, Exif, dan DICOM, serta dukungan tema bawaan yang lebih bagus; Dark, Light, Gray, dan System.

Tanpa perlu menunggu kehadirannya di distribusi GNU/Linux, kamu dapat mengunduh GIMP dalam bentuk tarball untuk dikompilasi manual melalui laman unduh gimp.org. Selain itu, kamu juga dapat memasangnya melalui Flatpak dengan cara menjalankan perintah,

$ flatpak install https://flathub.org/repo/appstream/org.gimp.GIMP.flatpakref

Menurut cuitan GIMP, ada kemungkinan mereka juga akan menyediakan format binary AppImage. Kita tunggu saja nanti …​

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Totalitas Gunakan GEGL, Rilis Termutakhir GIMP 2.10 Final Hadir

  1. Radya says:

    Masih belum di port ke gtk3?

    1. Belum om, GIMP 3 yang bakal diporta ke GTK3

      1. Radya says:

        gimp3 rilis udah gtk4

      2. Radya says:

        padahal gtk = gimp toolkit 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top