Free Software Open Source Software

Total Beralih ke GTK+3, Manajer Berkas Thunar 1.8.0 Meluncur

Kabar bahagia tiada tara untuk penggemar desktop environment Xfce, manajer berkas bawaan desktop ini, Thunar, baru saja menginjak rilis 1.8.0. Thunar sendiri merupakan manajer berkas yang relatif ringan dan tidak jarang digunakan oleh para pengguna nondesktop Xfce di samping alternatifnya seperti PCManFM, SpaceFM, dsb.

Selama berbulan-bulan, proyek Xfce sibuk mengalihkan basis kode desktop environment dan komponen-komponen mereka ke GTK+3. Beberapa di antaranya sudah sukses dialihkan ke kode terbaru, sebagian belum, dan Thunar 1.8.0 adalah perkakas yang beruntung telah mencapai milestone tersebut.

Selain peralihan total ke GTK+3, Thunar 1.8.0 juga menyertakan beberapa fitur termasuk penambahan tombol next/previous/up/home pada pathbar, tombol edit untuk mengedit path secara manual, dukungan GObject Introspection pada thunarx, pembenaman dukungan servis unit systemd user untuk sesi D-Bus, dan pengaktifkan Thunar UCA (User Configurable Actions). Di samping itu, Thunar juga memperbarui semua thunar-plugins dan xfdesktop.

Thunar
Gambar 1. Thunar 1.6.2 (LockerX/Wiki)

Perbaikan bug kritis yang menyebabkan ketidakstabilan perkakas juga disertakan di sini. Bagi pengguna Thunar 1.6.x tak perlu khawatir karena perbaikan tersebut telah di-backport ke seri tersebut.

“Tim kami telah memperbaiki beberapa bug kritis yang mempengaruhi kestabilan Thunar,” kata pengembang. “Omong-omong, yang dimaksud ‘tim kami’ adalah Alexander Schwinn dan saya, dan juga beberapa pengembang lain yang berkontribusi pada proyek ini, khususnya Jonas Kummerlin, tanpa bantuannya kita tidak akan sampai sini.”

Segala hal tentang dokumentasi Thunar dapat disimak di laman docs.xfce.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top