Berita

Tingkatkan Hubungan, Debian Jadi Anggota Dewan Penasihat KDE

KDE Advisory Board (Dewan Penasihat KDE) mendapatkan anggota baru. Dewan Penasihat KDE pertama kali dibentuk pada bulan September 2016 sebagai organisasi yang menjembatani komunikasi KDE dengan organisasi nirlaba lain maupun korporasi.

KDE berhasil mengajak Canonical dan SUSE sebagai anggota pertama. Keduanya mewakili proyek distribusi mayor Ubuntu dan openSUSE. Kali ini, perwakilan distribusi GNU/Linux mayor di Dewan Penasihat KDE bertambah dengan hadirnya Debian.

Ini bukanlah berita kecil. Debian merupakan proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source terbesar yang 100 persen dikelola oleh komunitas dan selama ini memiliki hubungan baik dengan KDE. Hadirnya Debian sebagai Dewan Penasihat KDE berarti meningkatkan hubungan tersebut menjadi hubungan formal.

Debian

“KDE memiliki hubungan yang ramah dan berlangsung lama dengan Debian, dan kami senang dapat menjadikan (hubungan tersebut) formal. Ada Debian di Dewan Penasihat memperkenankan kami untuk belajar dari mereka, berbagi pengalaman dengan mereka, dan memperdalam kolaborasi,” tutur KDE.

Chris Lamb, Pimpinan Proyek Debian, merasa senang bergabung dengan Dewan Penasihat KDE. “Desktop environment KDE Plasma didukung penuh oleh Debian dan Proyek Debian merasa sangat gembira telah dianggap formal hubungan mereka dengan KDE, terutama bagaimana hal tersebut akan meningkatkan dan memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi kami,” terangnya.

Dengan demikian, Debian menjadi anggota Dewan Penasihat KDE ke-13 setelah April, Blue Systems, Canonical, Kota Munich, FOSS Nigeria, FSF, FSFE, OSI, Private Internet Access, SUSE, The Document Foundation, dan The Qt Company.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top