Desktop Environment

Tingkatkan Fitur Super Penting, GNOME Buka Program Magang Pertamanya

GNOME Foundation adalah organisasi atau yayasan yang menaungi pengembangan desktop environment GNOME. Seperti organisasi profesional pada umumnya, ia memiliki gol besar untuk menciptakan sebuah ekosistem komputasi yang bersifat bebas dan merdeka, dalam arti tidak terikat dengan entitas tertentu layaknya sistem operasi proprietari Windows.

Untuk mencapai tujuannya, GNOME memiliki tugas-tugas penting yang perlu diselesaikan. Menariknya, GNOME tak terlalu “egois” untuk mengerjakannya sendiri, mereka menawarkan tugas tertentu yang dianggap kritis kepada orang-orang yang berminat menjadi kontributor.

Tak seperti “tawaran” normal sebagai sukarelawan, kali ini mereka membuka program magang (GNOME internship program) yang tentunya menyediakan upah untuk pemagang. Berapa besarnya? Totalnya banyak euy! Delapan ribu dollar atau setara hampir 112 juta rupiah untuk tiga bulan magang. Nilai ini tentu akan dipecah sesuai proyek yang dibuka.

GNOME

GNOME memperkenankan siapapun yang berminat untuk bergabung, entah bergabung dalam proyek teknis software engineering maupun non-teknis. Di program magang GNOME pertama ini, mereka akan fokus pada peningkatan privasi dan keamanan sistem.

“Dengan ini, kami bangga mengumumkan ronde pertama program pemagangan, yang akan fokus pada privasi dan keamanan dengan dana yang diambil dari kampanye privasi beberapa waktu lalu!” Tulis pengembang via GNOME.org.

Proyek pembuka program magang GNOME

Sebagai awal program magang ini, GNOME membuka beberapa proyek:

  • menambahkan fitur Proteksi USB menggunakan USBGuard

  • pengembangan aplikasi untuk mengelola data kredential seperti kata sandi

  • sistem portal PipeWire

  • pengembangan sesi privat yang memperkenankan pengguna masuk ke sesi sementara. Sesi privat mirip seperti Private Window pada peramban Firefox dan Incognito Window pada Chrome

  • meningkatkan dukungan crypto hardware seperti TPM

  • menambahkan sistem keamanan dan kebijakan privasi sesuai lokasi. Contoh kasus dari fitur ini adalah jika kita menjalankan laptop di rumah, kita tak perlu memasukkan kata sandi ketika mencolokkan perangkat USB, sebaliknya jika kita menjalankan laptop di area publik (kafe misalnya), kita harus memasukkan kata sandi setiap mencolokkan perangkat USB

Bagi yang berminat ikut program magang dari GNOME, silakan kunjungi persyaratannya pada laman ini dan kunjungi tautan ini untuk melihat detail proyek yang disediakan.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top