Berita

Tingkatkan Fitur Keamanan, Purism Bekerja Sama dengan Nitrokey

Purism adalah perusahaan yang terus berusaha menyajikan perangkat dengan jaminan perlindungan dan keamanan yang tinggi. Selama ini, perusahaan yang didirikan oleh Todd Weaver di South San Fracisco, California, ini menyediakan dua laptop yang menghormati privasi dan keamanan pengguna dengan seri Librem 15 dan Librem 13.

Usia Purism relatif masih muda, baru akan berusia empat tahun bulan November 2018, oleh karena itu mereka terus meningkatkan fitur dengan cara bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi yang juga bergerak di bidang keamanan. Kabar terbaru, Chief Security Officer (CSO) Purism Kyle Rankin mengumumkan bahwa Purism resmi bermitra dengan Nitrokey.

Nitrokey sendiri merupakan produsen perangkat keras maupun perangkat lunak open-source yang menyediakan kriptografi untuk melindungi berkas, harddrive, surel, sertifikat server, dan semacamnya dari kehilangan data maupun pencurian identitas.

Dengan kerja sama ini, Nitrokey akan membuat Purekey, token keamanan OpenPGP milik Purism yang didesain untuk terintegrasi dengan perangkat keras dan perangkat lunak mereka.

Purekey mewujudkan misi Purism untuk menjadikan keamanan dan kriptografi dapat diakses sementara pelanggan menyimpan kunci keamanan mereka sendiri, kata Kyle Rankin. Pelanggan Purism dapat membeli Purekey sendiri atau sebagai pengaya (addon) saat memesan laptop.

Nitrokey
Figure 1. Nitrokey (Linux Screenshots/Flickr)

Ini menarik, menurut penjelasan Kyle Rankin, jika pelanggan memesan Purekey dalam bentuk pengaya (addon), Purism akan mengonfigurasi Purekey tersebut sehingga dapat langsung dipakai sebagai kunci dekripsi diska, selain itu pelanggan juga dapat memasukan Purekey mereka saat boot dan mendekripsi drive secara otomatis tanpa perlu memasukkan frasa sandi (passphrase).

“Pelanggan juga dapat mengganti kunci yang dibuatkan oleh perusahaan dengan kunci milik sendiri kapanpun,” lanjutnya.

CEO Nitrokey Jan Suhr menyampaikan bahwa mereka bangga bekerja dengan tim Purism yang sejalan dengan komitmen mereka terhadap perangkat keras terbuka dan free software. Kemungkinan program kemitraan ini menarik, khususnya karena meningkatnya pentingnya kunci ruang penyimpanan aman pada kartu pintar perangkat keras dan pekerjaan penting Purism pada proteksi tamper-evident.

Jika dukungan Purekey ini berhasil dibenamkan, kemungkinan besar ia akan tertera sebagai pengaya (addon) di https://puri.sm/products/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top