Berita

Bukan Windows, Google Rilis Perkakas Editor Video 180° Hanya untuk MacOS dan Linux

Dunia multimedia pada GNU/Linux mungkin tak begitu menonjol, tetapi kabar terkini dari Google dapat menjadi penyegar dan penyemprot rasa optimisme sendiri bagi pengguna beratnya.

Google memiliki ide penerapan menarik seputar VR (Realitas Virtual), sebuah teknologi yang memperkenankan pengguna memiliki penglihatan sekian derajat dengan perangkat tertentu. Tidak hanya berupa teknologi untuk dikonsumsi, Google memperkenalkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproduksi konten yang dapat dinikmati dengan perangkat VR.

VR180 Creator Tool
Gambar 1. Hasil ekspor VR180 Creator Tool yang dibuka melalui Adobe Premiere (blog.google)

Saat ini, mereka tengah membangun perangkat perekam video VR untuk pabrikan maupun pengembang dengan harga yang lebih terjangkau daripada kamera VR di pasaran. Bersamaan dengan itu, Google juga merilis perkakas VR180 Creator Tool untuk menyunting konten VR dan mengonversinya ke format video standar. Yang menarik, ternyata Google hanya meluncurkan VR180 Creator Tool tersebut hanya untuk platform macOS dan Linux, tidak untuk Windows (kalaupun mereka akan mendukung Windows, tentu tidak hari ini).

VR180 Creator Tool
Gambar 2. VR180 Creator Tool di openSUSE

“Kamera VR180 mengizinkan kreator untuk menangkap tiga-dimensi, foto dan video imersif menggunakan kamera terjangkau yang cukup kecil untuk disimpan di saku,” terang Software Engineer Google AR/VR Erik Ackermann. “Dan untuk semakin memudahkan kamu untuk membuat dan mengedit video VR berkualitas tinggi, kami meluncurkan VR180 Creator Tool untuk Mac dan Linux. Perkakas desktop ini mengizinkan siapapun menyunting rekaman VR180 dengan perkakas video VR yang sudah ada.”

Meskipun Linux terasa spesial, hasil ekspor video ke format proyek standar penyuntingan hanya mendukung Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro. Keduanya adalah perangkat lunak untuk Windows dan macOS. Pengguna Linux mungkin dapat memasangnya menggunakan Wine, tetapi tidak dapat dijamin ia berjalan sesempurna seperti yang diinginkan.

Ada dua menu konversi pada perkakas ini, menu Convert for Publishing yang berfungsi untuk mengambil rekaman fisheye mentah dari kamera VR180 (seperti kamera Linovo Mirage) dan menu Prepare for Publishing yang berfungsi untuk memasukkan metadata VR180 setelah proses edit sehingga dapat dilihat melalui YouTube atau Google Photos.

Buat kamu yang ingin mencoba VR180 Creator Tool, silakan unduh melalui vr.google.com/vr180/apps/. Perkakas ini hanya tersedia untuk arsitektur 64-bit.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top