Distro Linux Mint

“Tessa”, Nama Kode Linux Mint 19.1

Linux Mint adalah distribusi GNU/Linux yang menarik, bukan hanya karena lingkungannya yang ramah pengguna pemula, cocok untuk pengguna yang tengah beranjak dari sistem operasi sebelum, Linux Mint juga menggunakan nama kode pada setiap rilis mayor maupun minor.

Nama kode umum digunakan oleh proyek distribusi GNU/Linux. Misalnya, Ubuntu menggunakan nama hewan (fakta maupun fantasi) dan sifatnya (sifat normal maupun sifat aneh). Berbeda dari itu, Linux Mint mengguna nama perempuan sebagai nama kodenya. Meski menerapkan nama berbeda, keduanya tertib menggunakan nama kode sesuai abjad–“A” sampai “Z”.

Linux Mint

Rilis terkini Linux Mint adalah versi 19 yang diberi nama kode “Tara”. Linux Mint 19 Tara sendiri merupakan salah satu rilis final sukses yang hadir bulan Juni lalu, membenamkan beragam fitur baru dan pembaruan fitur-fitur yang sudah ada. Rilis itu juga memperbaiki bug-bug yang dilaporkan sebelumnya.

Setelah “T”, tentu nama kode selanjutnya adalah “U”. Namun, prinsip itu hanya diterapkan pada rilis mayor, untuk rilis minor, nama kode Linux Mint akan tetap memakai abjad yang sama. Dalam kasus ini, semua nama kode Linux Mint 19.x akan diawali dengan huruf sama.

Benar adanya. Belum lama ini, tim pengembangan Linux Mint yang dipimpin oleh Clement Lefebvre mengumumkan nama kode Linux Mint 19.1. “Rilis kedua dari seri Linux Mint 19.x akan diberi nama ‘Tessa’,” katanya.

Linux Mint 19.1 Tessa dijadwalkan hadir sekitar bulan November sampai Desember 2018 nanti. Ia akan didukung selama lima tahun dan akan masuk EOL tahun 2023. Pengembang berjanji, pengguna Linux Mint 19 Tara akan dapat memutakhirkannya ke 19.1 secara mudah lewat perkakas Update Manager.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on ““Tessa”, Nama Kode Linux Mint 19.1

  1. se7entime says:

    Tessa ini berbahan dasar Bionic Beaver bukan pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top