Free Software Open Source Software

Tema Ikon ‘Karasa Jaga’ Masuk Upstream, Siap Hadir di LibreOffice 6.1

Perkakas pengolah dokumen LibreOffice selama ini menyediakan beberapa tema ikon untuk para pengguna yang ingin mengustom tampilan ikon agar lebih segar dan tidak membosankan. Tema-tema ikon tersebut adalah tema ikon Breeze, Breeze Dark, Elementary, Tango, Sifr, dan Sifr Dark.

Enam tema ikon tersebut dapat langsung dipakai karena memang tema ikon bawaan. Namun, kreasi tidak berhenti di situ. Kita sebagai pengguna dapat memasang sendiri tema ikon yang disediakan oleh pihak ketiga …​ yaah meskipun mungkin perlu sedikit usaha yang merepotkan.

Salah satu tema ikon pihak ketiga yang layak untuk dicoba adalah tema ikon Karasa Jaga. Kabar Linux pernah menuliskannya dalam artikel khusus di tautan ini. Karasa Jaga merupakan tema ikon bawaan distribusi GNU/Linux lokal Sundara OS yang dibangun dengan inspirasi dan basis Oxygen.

Karasa Jaga
Gambar 1. Karasa Jaga

Jika kamu adalah penggemar tema ikon Karasa Jaga untuk LibreOffice dan selama ini merasa kerepotan saat memasangnya, kabar bagus, Karasa Jaga akan dibenamkan secara bawaan mulai rilis LibreOffice 6.1. Beberapa hari yang lalu, Rizal Muttaqin selaku pengembang Sundara OS dan Karasa Jaga mengirimkan dukungan tema ikon tersebut ke source tree LibreOffice.

Apa untungnya bagi pengguna?

Untuk menggunakan Karasa Jaga kita tak perlu memasangnya secara manual. Kita hanya perlu langsung mengaktifkannya melalui menu ToolsOptions → LibreOffice → View.

Tema ikon Colibre untuk Windows 10

Selain membenamkan tema ikon Karasa Jaga, LibreOffice 6.1 juga bakal menyertakan tema ikon Colibre untuk menyelaraskan tampilan pengolah dokumen tersebut di lingkungan Windows 10. Colibre dibangun menyesuaikan panduan desain ikon Microsoft sehingga diklaim memiliki skema warna mirip Microsoft Office. Untuk tipologinya, Colibre mengikuti Breeze dan Elementary.

Colibre
Gambar 2. Colibre (colibrelibreoffice.wp)

LibreOffice 6.1 diperkirakan meluncur pada bulan Agustus 2018. Saat ini, ia masih berada di prarilis Beta 1.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top