Debian Distro

Tambal Banyak Bug dan Masalah Keamanan, Debian 9.5 Meluncur

Sabtu, 14 Juli 2018, proyek Debian mengumumkan rilis pembaruan anyar untuk seri Stretch: Debian 9.5. Ini adalah rilis pertama setelah Debian resmi menjadi Dewan Penasihat KDE.

Debian 9 Stretch merupakan rilis mayor yang hadir pertengahan tahun 2017 dan akan terus didukung selama empat sampai lima tahun ke depan. Debian 9.5 ini adalah salah satu dari beberapa pembaruan yang hadir yang berisi perbaikan bug maupun penambalan keamanan, dari ringan sampai kritis.

Debian

“Rilis poin ini menambahkan koreksi pada isu-isu keamanan, bersama dengan penyesuaian pada masalah serius,” jelas pengembang.

Rilis ini tidaklah ditujukan untuk mengganti Debian 9, pengguna yang baru saja memasang Debian dengan citra ISO Debian 9 tetap dapat memperoleh Debian 9.5 dengan cara melakukan perintah update menggunakan manajer paket apt.

Beberapa pembenahan dapat ditemukan pada paket Apache2, dosbox, dpkg, systemd, curl, util-linux, samba, Firefox ESR, mupdf, kernel Linux, VLC, dll. Bersamaan dengan itu, pengembang menghapus paket mlbviewer, lbinet-whois-perl, python-uniconvertor, undertow, singularity-container, dan visionegg.

Untuk mendapatkan Debian 9.5, silakan jalankan perintah di bawah:

# apt update && apt dist-upgrade

Pengguna yang rutin mengunduh pembaruan dari security.debian.org hanya akan mengunduh lebih sedikit dibandingkan yang tidak.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top