Free Software Open Source Software

Tak Ada 4.1.2, Krita 4.1.3 Meluncur Perbaiki Bug pada Fitur Animasi dan Dukungan SVG

Menginjak akhir bulan, tim pengembang aplikasi bebas/merdeka untuk melukis digital menghadirkan rilis stabil minor, Krita 4.13.

Seperti yang kami sampaikan kemarin, saat ini Krita sedang membuka kampanye penggalangan dana terbaru untuk rilis berikutnya dan 4.1.3 ini bisa disebut sebagai “versi penghibur” sebelum pembenahan bug besar-besaran yang akan hadir di rilis anyar pasca penggalangan dana.

Walaupun kampanye penggalangan dana dipakai untuk membiayai pengembangan, tepatnya pembenahan bug, tidak berarti Krita 4.1.3 tidak membawa apa-apa, pengembang justru menyebutnya sebagai “rilis penting” dengan ratusan perbaikan. Namun sebelum itu, di mana rilis 4.1.2? Rilis 4.1.2 sebetulnya sudah disiapkan oleh pengembang, tetapi karena build untuk Windows gagal dan pengembang telanjur membenamkan lebih banyak perbaikan, mereka memutuskan untuk melompati 4.1.2.

Krita

“Sementara kami memperbaiki itu (bug pada build Windows), Dmitry membenamkan perbaikan bug lain yang perlu kami rilis secepatnya, seperti isu teks ditengah multibaris yang luluh menjadi satu baris saat Anda mengedit teks. Jadi kami meluncurkan 4.1.3!,” jelas pengembang.

Perbaikan apa saja yang terjadi di Krita 4.1.3? Pengembang telah membenahi welcome screen dan menambahkan tautan menuju berkas yang terakhir diedit, membuat dokumen baru, membuka dokumen yang sudah ada, dsb. Pengembang juga meningkatkan fungsi mode Instant Preview. “Pertama (Instant Preview) didanai pada (penggalangan dana) Kickstarter 2015, Instant Preview bekerja dengan cara menghitung gambar versi terskala-rendah dan menampilkannya. Tapi dengan beberapa brush, fitur itu menyebabkan delay diakhir titik brush, atau muncul kerlipan pada kanvas: BUG:361448. Bug itu sudah diperbaiki, dan kini melukis jadi lebih mulus!”

Krita 4.1.3 juga meningkatkan fitur seleksi, tool move, tool bezier curve, tool rectangle, serta meningkatkan plugin manajer Comics Project. Di luar itu, perbaikan juga dapat ditemukan pada dukungan animasi, sistem build, kanvas, layer, dukungan SVG, dan lain-lain.

Jika Anda tak sabar ingin menikmati Krita 4.13 tetapi repositori GNU/Linux yang Anda pakai belum menyediakannya, Anda dapat mengunduh berkas AppImage-nya melalui tautan ini (unduhan langsung).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top