Distro

Tails 3.6 Tambahkan Fitur Pengunci Layar, Tingkatkan Kernel ke 4.15.0

Kebebasan dan privasi adalah hal yang sangat penting di zaman ini. Oleh sebab itu, sistem operasi yang fokus pada dua poin tersebut merupakan hal seksi dan laku keras (meskipun realitanya belum tentu).

Salah satu distribusi GNU/Linux yang menerapkan keduanya adalah Tails atau panjangnya The Amnesic Incognito Live System. Beberapa waktu lalu, pengembang distribusi ini menerbitkan rilis pembaruan Tails 3.6, rilis pembaruan keenam setelah Tails 3.0 hadir bulan Juni tahun lalu.

Tails

Di Tails 3.6, pengembang telah menambahkan tombol berikon gembok untuk mengunci layar sistem. Fitur ini sangat berguna apabila Anda ingin meninggalkan Tails yang sedang aktif tetapi ingin mencegah seseorang mengakses sistem Anda. Ini merupakan fitur standar GNOME, tetapi sebelumnya tidak dibawa oleh Tails.

“Jika Anda mengatur password administrasi saat memulai Tails, Anda dapat membuka kunci layar menggunakan password tersebut. Bagaimanapun, Anda tetap bisa mengatur password untuk membuka kunci layar ketika Anda ingin mengunci layar untuk pertama kalinya,” kata pengembang.

Tails 3.6 juga meningkatkan backend pada fitur persisten Additional Software yang kini terinstal di background setelah sesi dimulai, membenamkan perkakas pdf-redact-tools untuk membersihkan metadata dan menyusun ulang beberapa atau semua halaman pada berkas PDF dengan cara mengonversi berkas tersebut ke bentuk PNG, serta meningkatkan kernel ke versi 4.15.0, Tor ke versi 0.3.2.10, Electrum ke versi 3.0.6, serta Thunderbird ke versi 52.6.0.

Rilis ini juga bakal meningkatkan dukungan video pada beragam kartu grafis karena pengembang telah membenamkan driver VA-API.

Pengembang akan meluncurkan Tails 3.7 pada bulan Mei. Sebelum itu, silakan nikmati Tails 3.6 dengan mengunduh ISO-nya melalui tails.boum.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top