Berita

Sysvinit 2.90 Dirilis, Perbaiki Beberapa Fitur, Dukung GCC 6 dan 7

Jesse Smith, pengembang FLOSS yang mendedikasikan diri memelihara sistem init SysV (sysvinit), baru saja mengumumkan rilis minor SysV 2.90. Sysvinit sudah lama ditinggalkan oleh pemeliharanya, tetapi,https://kabarlinux.id/2017/pengguna-tulis-patch-pembaruan-sistem-init-sysvinit-mungkin-akan-kembali-dikembangkan/[akhir tahun 2017] seorang pengembang berkomitmen akan “memegang” pengembangan sysvinit dan akan rajin mengirim perbaikan dan peningkatan yang dirasa perlu.

Sysv

Disampaikan lewat mailing list sysvinit-devel, Sysvinit 2.90 hanyalah rilis minor yang memperbaiki kesalahan tik (saltik) pada source dan Makefile serta membersihkan berkas lawas dan variabel-variabel yang sudah lama tidak dipakai.

“Sederhananya, (perbaikan) ini adalah pembaruan house-keeping,” tutur Jesse.

Rilis 2.90 ini dibarengi dengan peningkatan fungsi shutdown yang akan tetap mematikan komputer meskipun sistem sedang tidur (sleep) dan dukungannya terhadap GCC 6 dan GCC 7. Jesse Smith telah mencoba menerapkan dukungan GCC 8, tetapi saat kompilasi, GCC akan menampilkan peringatan tertentu.

Jesse tidak lupa melengkapi dokumentasi untuk antar muka initctl pipe yang dapat diakses melalui man 5 initctl serta mengimplementasikan sinyal SIGUSR2 pada initctl pipe untuk memastikan tidak ada berkas apapun yang dibuka oleh init. Perbaikan lain juga ditemukan pada dukungan Fedora 28. Jesse pun telah mengunggah kunci verifikasi ke pgp.met.edu dan pgp.com untuk mempermudah verifikasi tarball sysvinit.

Rencana rilis 2.91

Setelah ini, pengembang berencana menambahkan opsi –version untuk mengecek versi sysvinit yang dipakai, meningkatkan dukungan Musl libc, serta dukungan berkas binary kustom (contohnya, /sbin/init dapat diubah menjadi /sbin/sysvinit).

Untuk mengunduh tarball sysvinit 2.90, silakan kunjungi download.savannah.nongnu.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top