Distro

System76 Bangun Pengelola Repositori Repo-Man untuk Pop!_OS, Pop!_Shop Terus Digodok

Hari ini adalah sekian bulan sejak System76 meluncurkan distribusi GNU/Linux Pop!_OS. Sebagai sistem operasi utama yang dibenamkan di perangkat laptop dan desktop, System76 terus meningkatkan kinerja dan fungsinya. Apalagi sekitar bulan April 2018, mereka akan merilis versi baru.

Ada empat fitur utama Pop!_OS yang terus digodok oleh pengembang. Salah satunya adalah dukungan HiDPI. Mungkin Anda suda membaca kabar sebelumnya bahwa peningkatan dukungan HiDPI sudah dibenamkan di Pop!_OS, tetapi layaknya perangkat lunak pada umumnya, fitur ini juga masih memiliki bug yang harus diperbaiki.

Selain fokus pada perbaikan bug, pengembang juga akan meningkatkan integrasi dan menambahkan fitur untuk mengubah-ubah perilaku daemon HiDPI.

Di samping dukungan HiDPI, System76 juga mengerjakan fitur penginstal (installer atau initial setup). Berdasarkan blog System76 beberapa bulan lalu, mereka sempat membocorkan sketsa yang akan dibenamkan di fitur penginstal tersebut. Di masa mendatang, fitur ini akan menampilkan banyak gambar yang seolah-seolah bergerak untuk menyambut para penggunanya.

Pop!_Shop juga menjadi fokus pengembang. Saat ini mereka sibuk mengerjakan banner yang akan dipasang di bagian atas aplikasi tersebut. “(Gambar tersebut) akan menampilkan cerita dari saat Anda login pertama kali sampai saat Anda mulai menambahkan aplikasi ke Pop!_OS,” ungkap pengembang via blog.system76.com

Repo-Man
Gambar 1. Repo-Man

Fitur teranyar yang dikerjakan pengembang adalah perkakas GUI Repo-Man untuk mengelola alamat repositori atau software sources. Di ranah ini Pop!_OS tidak memanfaatkan perkakas yang sudah ada, mereka lebih memilih membangun Repo-Man yang dijamin ringan dan bersifat distro agnostic (tidak tergantung distro tertentu). Repo-Man merupakan bagian dari Pop!_Shop dan saat ini menginjak status alpha.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top