Distro elementaryos

System Settings, Fitur Notifikasi, dan Code Peroleh Pembaruan di ElementaryOS 5.0 Juno

Kuartal kedua atau ketiga tahun 2018 ini bakal diramaikan dengan rilis-rilis termutakhir beragam distribusi GNU/Linux. Kemarin, Ubuntu sudah melakukannya dengan rilis 18.04 LTS Bionic Beaver, setelah ini distribusi-distribusi yang berbasis Bionic Beaver juga akan ikut menyapa, termasuk Linux Mint 19 Tara dan elementaryOS 5.0 Juno.

Tadi kami sudah menyinggung perkembangan Linux Mint 19 Tara, kini giliran elementary OS yang mulai memamerkan apa saja yang telah pengembang lakukan selama bulan April pada calon rilis Juno.

elementaryOS

Fitur Notifikasi adalah fitur yang cukup mendapatkan perombakan besar. “Sebagai bagian dari usaha kami untuk memastikan pengguna mempunyai kontrol penuh terhadap aplikasi yang mengirimkan notifikasi dan bagaimana ia dimunculkan, kami telah mengubah bagaimana indikator Notifikasi bekerja,” terang Daniel Fore.

Manajer berkas Files mendapatkan dukungan HiDPI serta mampu merender ikon dan thumbnail dengan lebih baik. Di dalam itu, Files mendapatkan pembaruan under-the-hood, selama ini Files ditulis menggunakan bahasa C sekarang ia ditulis dengan Vala. Kode menjadi lebih bersi dan mudah dipelihara, tuturnya.

System Settings juga mendapatkan perhatian, terutama pada bagian pengaturan Printer, selain itu juga pada pengaturan Language & Region yang berhasil diporta ke Granite SimpleSettingsPage anyar, dan Keyboard Settings yang lebih mudah diakses. Perkakas pengedit kode Code lebih powerful dengan fitur backspace yang lebih cerdas dan perilaku home key yang lebih bagus.

Kapan waktu rilis elementary OS 5.0 Juno?

ElementaryOS menerapkan prinsip rilis jika sudah siap, layaknya Debian, sehingga tidak ada jadwal pasti waktu peluncuran rilis mayor tersebut.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top