Distro Solus

Solus Perbarui Banyak Paket, Hadirkan Pra-rilis ISO Edisi KDE Plasma

Januari hampir berakhir, tim Solus telah memperbarui banyak paket untuk para penggunanya. Menurut laporan terkini yang disampaikan Manajer Komunikasi Joshua Strobl, mayoritas pembaruan terjadi pada pustaka dan perangkat lunak yang tidak berpengaruh langsung terhadap pengguna akhir.

Solus

Beberapa pembaruan yang dimaksud di antaranya pada OpenCV 3.4.0 yang telah meningkatkan proses caching, Granite 0.5, libsodium, serta GEGL 0.3.28, framework pemprosesan gambar yang dipakai oleh GIMP. Selain itu juga pada GCC 7.3 yang telah mendukung opsi mitigasi Spectre, manajer berkas Caja, dan pada beberapa paket python.

ISO edisi KDE Plasma dan peningkatan waktu boot

Jika Anda selama ini menunggu kehadirkan Solus edisi KDE Plasma, beruntung, pengembang telah meluncurkan ISO anyar untuk edisi tersebut. Seperti yang Joshua sampaikan, ini belumlah rilis final, ISO ini masih berada di tahap pengembangan dan pengujian. “Akses ISO awal ini mengindikasikan masih cukup banyak aspek yang belum diselesaikan, yang mungkin perlu diganti, dan berpotensi diuji lebih ekstensif,” terangnya.

Perlu dicatat, ISO Solus edisi KDE Plasma saat ini hanya tersedia untuk para donatur via Patreon.com.

Untuk rilis berikutnya, Solus bakal memiliki waktu boot yang lebih cepat. Ikey Doherty dkk saat ini sedang mengerjakan ulang sistem inti Solus dan mengevaluasi beberapa servis “penghambat” kecepatan boot seperti pada AppArmor, display manager, Xorg, dll.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top