Distro

Slax 9.6.4 Perbarui Xlunch, Benamkan Dukungan Firmware Broadcom B43

Dari sekian distribusi GNU/Linux, ada yang difokuskan untuk sistem operasi portabel. Maksudnya, sistem operasi “mini” yang dapat dipasang di media USB Flashdisk dan dapat di-boot di manapun. Slax merupakan salah satu distribusi yang dimaksud.

Setelah menjadi distribusi berbasis Debian dari yang sebelumnya berbasis Slackware, Tomáš Matějíček semakin rutin menerbitkan rilis anyar Slax. Sepanjang November ini saja, ia menerbitkan empat rilis anyar; satu rilis minor, tiga rilis perbaikan bug (bug fix). Paling baru adalah rilis Slax 9.6.4 yang hadir 26 November lalu.

Slax

Slax 9.6.4 telah mengubah terminal VT bawaan sebagai gerbang masuk X, dari yang sebelumnya VT2 sekarang VT7. Perubahan ini mengikuti distribusi lain pada umumnya. Rilis ini juga mengimplementasikan scrollbar pada xlunch, dukungan boot ke mode teks melalui parameter text, dan memperbaiki alamat gateway pada klien PXE ketika server PXE dijalankan. Di samping itu, ia juga menambahkan firmware B43 Broadcom dan perintah untuk membuat berkas ISO, genslaxiso.

Rilis perbaikan bug sebelumnya telah membenahi masalah direktori /slax/changes (direktori untuk menerapkan perubahan persisten) yang tidak terbuat dan membenahi skrip PXE yang sempat gagal membuat citra initramfs. Pembaruan banyak paket aplikasi juga terjadi pada rilis minor 9.6.0 yang hadir pertengahan bulan November 2018 kemarin.

Untuk mengunduh citra ISO Slax terbaru, silakan kunjungi laman slax.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top