Distro

Slax 9.5.0 Resmi Diumumkan, Kenalkan Perangkat USB Flashdrive dengan Enkripsi AES

Menjelang akhir Juli, beberapa proyek distribusi GNU/Linux menerbitkan rilis anyar segar yang siap untuk dicicipi bahkan digunakan sehari-hari. Tomáš Matějíček, pendiri dan pemelihara distribusi Slax, merupakan salah satunya.

Slax pada awalnya adalah versi live dari Slackware, tepatnya sebelum Slax 3. Setelah versi 3 sampai 7, Slax menjadi distribusi yang berdiri sendiri dengan tetap menggunakan Slackware sebagai sistem dasarnya. Melompati nomor 8, Slax 9 hadir pertama kali pada bulan November 2017 dan menjadi rilis super besar dengan Debian sebagai sistem dasarnya.

Slax

Menyempurnakan seri 9, Slax 9.5.0 meluncur dengan beberapa pembaruan mayor. “Saya gembira mengumumkan bahwa versi Slax Linux selanjutnya telah dirilis. Slax adalah sistem operasi yang modular, minimalis,” kata Tomáš. Slax 9.5.0 membenamkan pembaruan yang diambil dari upstream (kemungkinan adalah Debian 9.5).

Di rilis ini, kejutan tidak berupa perangkat lunak, tetapi berupa ketersediaan USB flashdrive untuk para penggemar Slax. USB flashdrive ini sudah membawa Slax di dalam perangkatnya dan merupakan perangkat keras yang mendukung enkripsi AES. Dukungan AES tidaklah berbasis perangkat lunak, tetapi perangkat keras. Enkripsi tidak perlu dijalankan dengan aplikasi tertentu karena ia merupakan fitur built-in perangkat keras. “Setiap (USB flashdrive) diskonek (dari komputer), USB drive akan secara otomatis mengunci sendiri,” terangnya.

Perangkat USB flashdrive yang dijual adalah merek Kingston DataTraveler 2000 dengan kapasitas 16GB. Tomáš hanya menerima pembayaran melalui Bitcoin dengan harga 0.017 atau jika dikonversi ke rupiah pada hari ini (2/8) sekitar 1,85 juta rupiah. Untuk mengunduh citra ISO Slax 9.5.0 dan memesan perangkat USB flashdrive, silakan kunjungi www.slax.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Slax 9.5.0 Resmi Diumumkan, Kenalkan Perangkat USB Flashdrive dengan Enkripsi AES

  1. Lama nggak nongol, ternyata sekarang pindah dari Slackware ke Debian. Mungkin salah satu alasannya adalah Slackware cukup lama tidak ada update karena Pat sedang mengalami kendala keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top