Distro

Slax 9.4.0 Akhirnya Dirilis, Dukung DRI, Perbarui Peluncur xLunch

Tomáš Matějíček, pendiri dan pengembang distribusi live Slax, kemarin membocorkan beragam pembaruan yang akan hadir di rilis terbaru. Selisih hampir satu pekan setelah itu, Tomáš menerbitkan Slax 9.4.0.

Slax 9.4.0 meluncur tiga bulan setelah kehadiran Slax 9.3.0. Beberapa fitur yang dibocorkan oleh Tomáš sebelumnya pun dibenamkan pada rilis ini, di antaranya perkakas xarchiver untuk mengelola berkas terkompresi dan perkakas rfkill untuk mematikan/menghidupkan perangkat WiFi.

Slax

Pembaruan yang patut disorot pada Slax 9.4.0 adalah dukungan perenderan langsung (direct rendering). Sederhananya, “perenderan langsung” yang merujuk pada dukungan DRI (Direct Rendering Infrastructure) merupakan infrastruktur yang memperkenankan server X berbicara langsung dengan kartu grafis secara alami. Keuntungannya, grafis akan mendukung akselerasi perangkat keras (hardware acceleration) yang tentu akan meningkatkan performa perangkat lunak yang berjalan di atasnya—​dalam kasus ini, Slax dan aplikasi-aplikasi bawaannya. Dukungan DRI ini dibawa oleh libdrm-intel1, libglu1-mesa, dan libgl1-mesa-dri. Sebagai konsekuensi, citra ISO Slax bertambah 8MB.

Perbarui xlunch dan dukungan hotkeys pada konfigurasi ALSA

Perkakas peluncur (launcher) xLunch sekarang mampu mencari ikon di dalam /usr/share/pixmaps sehingga semakin banyak aplikasi yang dapat dipindai olehnya, selain itu, xLunch juga akan menampilkan aplikasi pada baris baru jika banyak aplikasi terdaftar di perkakas ini.

Pembaruan lain, Slax 9.4.0 juga mengaktifkan dukungan hotkeys pada konfigurasi ALSA yang memperkenankan kamu memakai tombol untuk mengeraskan/menurunkan/mematikan suara, di samping itu juga menambahkan /usr/share/games ke dalam PATH, serta mendukung asosiasi berkas pada manajer berkas.

Citra ISO Slax 9.4.0 32-bit maupun 64-bit dapat diunduh melalui www.slax.org.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top